PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN DIRI DALAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU SMP MELALUI TEACHING CLINIC

Muhdi, - and Murniati, Ngurah Ayu Nyoman and Handayani, Arri (2017) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN DIRI DALAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU SMP MELALUI TEACHING CLINIC. Universitas PGRI Semarang.

[img]
Preview
Text
[2015]_ngurahayunyomanmurniati_laporan_akhir Fundamental tahun 2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian tahun I menunjukkan deskripsi guru mata pelajaran menunjukkan keunikan yang memerlukan pendampingan dan pembinaan secara terus menerus. Beberapa faktor yang menyebabkan keunikan diantaranya kualifikasi akademik yang seringkali tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diampu pada guru mata pelajaran terintegrasi seperti IPA dan IPS. Berdasarkan hal tersebut diatas maka penelitian tahun II bertujuan untuk mendeskripsikan model kontekstual manajemen diri pada guru SMP secara umum. Tujuan lebih lanjut yang hendak dicapai adalah mendeskripsikan kefektifan model yang diperoleh tahun I melalui Teaching Clinic pada guru mata pelajaran di SMP dan MTs. Hasil identifikasi subjek implementasi terbatas diperoleh 20 guru dari 5 sekolah yang ada di kota Semarang. Hasil deskripsi uji terbatas tahap I menunjukkan peningkatan yang rendah manajemen diri dan emosi (62% ke 62,5%), manajemen materi (60% ke 60,7%), manajemen kelas (74% ke 74,5%), dan manajemen waktu (70% ke 70,6%). Temuan penelitian membawa perbaikan model menjadi model 4M. Validasi ahli dan praktisi menunjukkan prosentase > 85% keterlaksanaan dan ketercapaian model baru. Deskripsi lanjut tahap II diperoleh hasil 64,4% untuk manajemen diri dan emosi, 61,2% untuk manejemen materi, 76% untuk manajemen kelas, dan 71% untuk manejemen waktu. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model 4M lebih fleksibel dibanding model sebelumnya. Rekomendasi penelitian menunjukkan bahwa manajemen diri dan emosi menjadi pijakan awal pengembangan diri seorang guru. Pengembangan melalui model 4M menjadi sarana dalam pengembangan diri. Hal ini dibutuhkan perhatian dari sekolah, MKKS, Dinas Pendidikan, dan pihak lain terkait dengan pengembangan berkelanjutan. Kata kunci : Manajemen diri, Guru SMP, Teaching Clinic

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Rilian Afta Marsti
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:24
Last Modified: 09 Feb 2018 07:24
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item