MODEL BUKU BAHASA INDONESIA BERBASIS SINTAKSIS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA

Asropah, - and Septiana, Ika and Rifai, Ahmad (2021) MODEL BUKU BAHASA INDONESIA BERBASIS SINTAKSIS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA. FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[img] Text
2. Laporan Penelitian 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan model buku Bahasa Indonesia berbasis sintaksis pada pembelajaran Bahasa Indonesia SMA. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum 2013 revisi adalah berbasis teks. Terdapat beberapa jenis teks yang diajarkan ke peserta didik yang meliputi pengetahuan, konsep, dan keterampilan. Pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, guru diharapkan dapat membelajarkan teks ke peserta didik sampai ke tingkat kognitif (C6) yaitu mencipta atau membuat. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA juga diajarkan mengenai kalimat sehingga hal ini menunjukkan bahwa kajian ilmu sintaksis diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Oleh karena itu Guru bahasa Indonesia diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalan menyusun kalimat, menganalisis kalimat, dan menganalisi teks berdasarkan kajian sintaksis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang termasuk tahap awal yaitu analisis kebutuhan awal dan studi kasus yang nantinya akan dijadikan sebagau bahan pengembangan dalam merancang buku Bahasa Indoensia berbasis Sintaksis. Populasi dalam peneltiian ini adalah Guru Bahasa Indonesia SMA. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive. Pemilihan sampel dilakukan secara khusus berdasarkan tujuan penelitian. Sampel penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia SMA Kota Semarang Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan FGD, wawancara dan angket terbuka dan tertutup. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan cara mendeskripsikan hasil penelitian yang telah diperoleh melalui kegiatan wawancara dan pengumpulan data melalui angket terbuka dan tertutup. Berdasarkan hasil penelitian, guru Bahasa Indonesia SMA Kota Semarang setuju dengan akan dilakukannya pengembangan buku Bahasa Indonesia berbasis Sintaksis. Peserta didik masih mengalami kesulitan memahami kata, frasa, dan kalimat. Analisis kebutuhan awal terkait model buku yang akan dikembangkan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan guru. Dalam buku, materi disajikan dengan bahasa yang komunikatif dan mudah dipahami. Selain itu juga disertai contoh dan Latihan. Luaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah laporan hasil penelitian dan publikasi ilmiah ke jurnal nasional. Kata kunci: Model buku; Sintaksis; Bahasa Indonesia SMA

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Usis Prasetyo Aryanabih
Date Deposited: 19 Jan 2022 01:21
Last Modified: 19 Jan 2022 01:28
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item