Gaya Hidup Keluarga terhadap Pola Makan Anak Usia Dini di Pos PAUD Kecamatan Semarang Utara

Dewi, Anita Chandra Gaya Hidup Keluarga terhadap Pola Makan Anak Usia Dini di Pos PAUD Kecamatan Semarang Utara. Andragogia - Jurnal PAUD & DIKMAS Edisi Juni 2018.

[img] Text
Artike Anita-Androgogia Dikmas.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan bahasa harus distimulasi sejak dini untuk dapat mencapai perkembangan kecerdasan bahasa yang optimal. Media ber-cerita Pop Up Kanguru adalah media bercerita yang dapat digunakan untuk menstimulasi kecerdasan bahasa pada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan media Pop-Up Kanguru yang digunakan untuk menstimulasi kecerdasan bahasa anak dan untuk mengetahui efektifitas implementasi model Pop Up Kanguru Sebagai Media Cerdas Untuk Menstimulasi Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode observasi sistematis atau terstruktur. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengetahui kelayakan model dan tingkat efektifitas model yang diuji coba di lapangan dan efektifitas mediaPop-Up Kanguru untuk menstimulasi kecerdasan bahasa pada anak usia dini. Data kuantitatif diperoleh melalui observasi yang dilakukan secara terus menerus oleh pendidik selama anak-anak menggunakan media Pop-Up Kanguru. Sementara pendekatan kualitatif digunakan untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan kemampuan bercerita anak setelah menggunakan media bercerita Pop – Up Kanguru.. Hasil dari penelitian ini antara lain : Berdasarkan perhitungan nilai, nilai rata-rata kecerdasan bahasa anak sebelum dilakukan pem-belajaran dengan media Pop Up Kanguru sebesar 8,42 dengan standar deviasi 1,08, sedangkan nilai paling rendah 7,0 dan paling tinggi 10,0. Dan setelah dilakukan pembelajaran dengan media Pop-Up Kanguru ada peningkatan nilai rata-rata kecerdasan bahasa anak yaitu sebesar 16,92 dengan standar deviasi 1,92, sedangkan nilai paling rendah 7,0 dan paling tinggi 20,0. Dari hasil Uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 oleh ka-rena nilai sig. 0,000 < α (0,05) maka disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media Pop-Up Kanguru memiliki efektifitas yang signifikan ter-hadap kecerdasan bahasa anak usia dini. Kata Kunci : Media Pop Up, Stimulasi kecerdasan Bahasa, Anak Usia Dini

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Paud
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 22 Feb 2019 07:39
Last Modified: 22 Feb 2019 07:39
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/528

Actions (login required)

View Item View Item