IMPLEMENTASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF BALOK MAGNETIK MENGGUNAKAN 3D PRINTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN DI SENTRA BALOK

Kusumaningtyas, Nila and Khasanah, Ismatul and Setyoadi, Yuris (2018) IMPLEMENTASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF BALOK MAGNETIK MENGGUNAKAN 3D PRINTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN DI SENTRA BALOK. Universitas PGRI Semarang. (In Press)

[img] Text
Nila Kusumaningtyas, S.T., M.Pd.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas dasar untuk meningkatkan daya kreativitas anak melalui alat permainan edukatif konstruktif jenis balok magnetik yang perlu diajarkan sejak anak usia dini. Hal ini penting agar anak dapat merancang bangunan sesuai imajinasi yang dikembangkan anak. Melalui balok magnetik anak akan menemukan pemecahan masalah ketika dihadapkan pada balok yang mengandung magnet neomydium, dikarenakan magnet tersebut mempunyai sifat tarik-menarik dan tolak menolak. Sehingga anak akan berusaha mencari dari berbagai sisi untuk merancang bangunan yang sesuai dengan imajinasinya. Adapun alat permainan edukatif balok magnetik ini dirancang menggunakan teknologi 3d printer. Fokus penelitian yang dilakukan adalah pada penerapan teknologi 3d printer, penggunaan magnet neomydium, implementasi dan hasil evaluasi implementasi alat permainan edukatif balok magnetik. Metode penelitian yang digunakan adalah “kualtitatif jenis naturalistik”. Pendekatan kualitatif yang penulis gunakan dengan pertimbangan ingin mendalami secara keseluruhan hubungan-hubungan yang ada dalam situasi sosial. Hasil penelitian ini adalah penerapan teknologi 3d printer dan penggunaan magnet neomydium pada rancang bangun alat permainan edukatif konstruktif jenis balok magnetik sebagai media pembelajaran untuk anak usia 4-6 tahun di Pusat Unggulan PAUD Taman Belia Candi Semarang, implementasi yang dilakukan pada anak usia 4-6 tahun bersama orangtua sehingga menghasilkan evaluasi implementasi alat permainan edukatif balok magnetik. Implementasi bermain konstruktif yang diterapkan pada anak dapat meningkatkan daya kreativitas yang dikembangkan sesuai imajinasi anak 4-6 tahun. Alat permainan edukatif balok magnetik ini diterapkan di sentra balok, dengan langkah pertama peneliti berdiskusi tentang tema dan konsep-konsep yang akan dibangun pada hari itu, lalu peneliti memperkenalkan balok magnetik yang akan dimainkan pada anak dan orangtua. Evaluasi yang dilakukan ketika anak dan orangtua saling bekerjasama bermain menggunakan alat permainan edukatif konstruktif jenis balok magnetik. Kata kunci : alat permainan edukatif, konstruksif, balok magnetik. This research was carried out on the basis of improving children's creativity through constructive educational tools such as magnetic beams that need to be taught since early childhood. This is important so that children can design buildings according to the imagination developed by children. Through magnetic beams the child will find a problem solving when faced with a beam containing a neomydium magnet, because the magnet has the properties of attraction and repulsion. So that children will try to find from various sides to design buildings that are in accordance with their imagination. The magnetic beam educational game tools are designed using 3D printer technology. Focus of the research was on the application of 3D printer technology, the use of neomydium magnets, the implementation and results of the implementation of the evaluation of magnetic beam educational game tools. The research method used is "qualitative naturalistic". The qualitative approach that the author uses with consideration wants to explore the overall relationships that exist in social situations. The results of this study are the application of 3d printer technology and use of neomydium magnets in the design of constructive educational game types of magnetic beams as learning media for children aged 4-6 years at the Taman Belia Candi Semarang early childhood education institutions, the implementation of children aged 4-6 year with parents so as to produce an implementation evaluation of magnetic beam educational game tools. The implementation of constructive play was applied to children can increase the power of creativity developed according to imagination of children 4-6 years. This magnetic beam educational game tool is applied at the beam center class, with the first step researchers discuss the themes and concepts that will be built on that day, then researchers introduce magnetic beams that will be played on children and parents. Evaluation was carried out when children and parents work together to play using constructive educational tools such as magnetic beams. Keywords: educational, constructive, magnetic beam playground tools

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Paud
Depositing User: Ika Lutfi Aulianti
Date Deposited: 15 Jan 2019 07:27
Last Modified: 15 Jan 2019 07:27
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item