PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA SMA DENGAN TEKNIK 'TAPAK BURUNG"

Asropah, - (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA SMA DENGAN TEKNIK 'TAPAK BURUNG". FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. (In Press)

[img] Text
Teknik menulis tapak burung.pdf

Download (3MB)

Abstract

Clustering adalah suatu jenis teknik pengumpulan gagasan, yang merupakan suatu jenis asosiasi bebas mengenai satu kata atu konsep yang menghasilkan informasi yang dihubungkan, tetapi tidak dihalangi oleh struktur. Salah satu versi pengklasteran yang dikenal adalah teknik "tapak burung". Biasanya cara ini menghasilkan lebih banyak informasi. Disebut "teknik tapak burung" karena setiap siswa yang mengerjakannya dapat memperhatikan bahwa garis-garis cakaran di dalam diagram. Mewujudkan goresan serupa tapak kaki burung sehingga nama tersebut pun melekat. Model pembelajaran melalui teknik "tapak burung" dalam pembelajaran menulis merupakan salah satu alternatif yang efektif. Mengingat, melalui pembelajaran model ini siswa diajak mengekslporasi skemata yang dimilikinya dengan melakukan clustering dalam mengorganisasi ide dalam kegiatan menulis. Apa yang telah didentifikasi akan diungkapkannya. Mereka tidak lagi menghadapi sesuatu yang sifatnya abstrak, tetapi suatu hala yang konkrit dan nyata. Dengan demikian, siswa tidak lagi mengalami kebingungan terhadap apa yang seharusnya disampaikan. Kata kunci : tapak burung, pembelajaran, menulis.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Usis Prasetyo Aryanabih
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:22
Last Modified: 20 Aug 2018 04:22
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/468

Actions (login required)

View Item View Item