CONTENT LANGUAGE INTEGRATED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA KEGURUAN NONBAHASA

Ulfiyani, Siti (2016) CONTENT LANGUAGE INTEGRATED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA KEGURUAN NONBAHASA. In: Konferensi Bahasa dan Sastra I "Bahasa dan Sastra Berwawasan Konsevasi, 9 November 2016, Universitas Negeri Semarang.

[img] Text
CLIL UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA (PROSIDING UNNES 2016).pdf - Published Version

Download (57kB)

Abstract

Kebutuhan mahasiswa keguruan tidak sekadar penguasaan berbagai pengetahuan yang sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari. Mahasiswa keguruan membutuhkan berbagai keterampilan sebagai penunjang pelaksanaan tugas sebagai guru. Salah satu keterampilan yang perlu dikuasai mahasiswa keguruan yaitu keterampilan berbicara. Persoalannya, tidak semua mahasiswa keguruan mendapatkan kesempatan untuk berlatih berbicara secara khusus, berbeda dengan mahasiswa keguruan yang berasal dari program studi bahasa. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya khusus untuk memecahkan persoalan tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan menerapkan Content Language Integrated Learning atau pembelajaran terpadu bahasa dan konten dalam proses pembelajaran. CLIL merupakan upaya untuk menggabungkan dua kepentingan, penguasaan materi dan bahasa. Dengan penerapan program ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan berbicara sebagai bekal utama membangun interaksi belajar mengajar. Kata kunci: CLIL, berbicara, mahasiswa keguruan

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 28 May 2018 06:43
Last Modified: 28 May 2018 06:43
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/400

Actions (login required)

View Item View Item