EFEKTIVITAS RESOURCE- BASED LEARNING BERBANTUAN FLIP BOOK MAKER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA

Rasiman, Rasiman (2014) EFEKTIVITAS RESOURCE- BASED LEARNING BERBANTUAN FLIP BOOK MAKER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA. EFEKTIVITAS RESOURCE- BASED LEARNING BERBANTUAN FLIP BOOK MAKER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA, 1 (2). pp. 34-41. ISSN P-ISSN : 2339-2444

[img] Text
6. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, Vol.1, No.2 Sept 2014$.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article...

Abstract

Dominasi guru sebagai satu-satunya sumber belajar matematika bagi siswa sering dilakukan dalam pembelajaran matematika di SMA, sehingga aplikasi matematika pada bidang tertentu masih jarang tersentuh. Kondisi ini merupakan salah satu kesenjangan antara harapan bahwa matematika di SMA sebagai mata pelajaran yang mendukung mata pelajaran lain maupun berguna dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi tersebut menuntut pembelajaran matematika di SMA dengan memanfaatkan berbagai berbagai model pembelajaran maupun media berbasis ICT. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) adanya pengaruh motivasi, aktivitas dan kreativitas siswa yang pembelajarannya menggunakan Pendekatan Resource- Based Learning berbantuan Flip Book Maker terhadap hasil belajar siswa SMA, (2) adanya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran matematika dengan menggunakan Pendekatan Resource- Based Learning berbantuan Flip Book Maker dengan pembelajaran konvensional, dan (3) ketuntasan hasil belajar menggunakan Pendekatan Resource- Based Learning berbantuan Flip Book Maker. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) motivasi, aktivitas dan kreativitas siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang yang dalam pembelajarannya menggunakan pendekatan Resource Based Learning berbantuan Flip Book Maker berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika, dengan kontribusi mencapai 74,7%, (2) hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan Pendekatan Resource-Based Learning berbantuan Flip Book Maker lebih baik dari pada pembelajaran konvensional, dari uji t dengan taraf signifikan 0,05, dan (3) pembelajaran matematika dengan menggunakan Pendekatan Resource- Based Learning berbantuan Flip Book Maker mencapai ketuntasan hasil belajar dengan taraf signifikan 0,05 dan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 73,30 sedangkan kelas kontrol sebesar 65,83. Kata Kunci: Efektivitas, Resource-Based Learning, Flip Book Maker

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 13 Apr 2018 09:26
Last Modified: 13 Apr 2018 09:26
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/360

Actions (login required)

View Item View Item