MODEL PENGEMBANGAN INSTRUMEN MONITORING DAN EVALUASI AKADEMIK UNIT PENJAMINAN MUTU FAKULTAS (STUDI PADA FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DAN KEOLAHRAGAAN)

Haryati, Titik and Widodo, Suwarno and maryanto, maryanto and Wahyuhastuti, Novika and Istiyaningsih, Rumiyatun and Pradipta, Galih Dwi and Maliki, Osa and Khoiriyah, Nor (2018) MODEL PENGEMBANGAN INSTRUMEN MONITORING DAN EVALUASI AKADEMIK UNIT PENJAMINAN MUTU FAKULTAS (STUDI PADA FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DAN KEOLAHRAGAAN). Universitas PGRI Semarang, Semarang.

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen Monitoring dan Evaluasi Akademik Unit Penjaminan Mutu Fakultas (Studi Pada Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan). Berdasarkan tujuan tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, oleh Borg and Gall (1983) meliputi 10 tahap, yaitu (1) Research and information collecting, (2) Planning, (3) Develop Preliminary form of Products, (4) Preliminary field testing, (5) Main Products revision, (6) Main field testing, (7) Operational Products revision, (8) Operating field testing, (9) Final Products revision, (10) Dessimination and implementation. Proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan penyebaran angket kuesioner, sedangkan analisis data menggunakan teorinya Miles dan Huberman (1992) yaitu deskriptif kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis dilakukan dengan membandingkan antara data dengan kriteria valid, efektif, dan praktis. Apabila data yang didapat belum menunjukkan ketercapaian, maka peneliti akan mengadakan revisi pada instrumen Monev yang telah dirumuskan. Hasil penelitian menunjukkan (1) telah ditemukan fakta empirik bahwa model instrumen Monitoring dan Evaluasi (Monev) akademik khususnya pada bidang pengajaran Unit Penjaminan Mutu FPIPSKR, yaitu belum sesuai dengan standar pengembangan instrumen, belum terumuskan semua instrumen Monev pada bidang pengajaran, instrumen Monev yang ada sudah ada belum teruji validitas nya. (2) model instrumen Monitoring dan Evaluasi (Monev) akademik khususnya pada bidang pengajaran Unit Penjaminan Mutu FPIPSKR dikembangkan melalui tahap perencanaan dan pengembangan. Tahap perencanaan dilakukan dengan pemetaan instrumen yang akan dikembangkan sesuai dengan bidang pengajaran dan pembuatan kisi-kisi instrumen Monev. Sedangkan tahap pengembangan berupa pembuatan desain instrumen yang dirumuskan berdasarkan hasil studi lapangan dari proses observasi, wawancara, maupun dokumentasi. (3) model instrumen Monitoring dan Evaluasi (Monev) akademik Unit Penjaminan Mutu FPIPSKR telah dirumuskan berdasarkan pada tahap pendahuluan dan pengembangan sehingga diperoleh produk instrumen yang sesuai dengan bidang pengajaran dan telah divalidasi dari Tim Ahli, yaitu pada instrumen pengembangan perangkat pembelajaran diperoleh prosentase sebesar 89%, pada instrumen pengisian SIP diperoleh prosentase sebesar 91%, pada instrumen pelaksanaan perkuliahan diperoleh prosentase sebesar 90,6%, pada instrumen audit mutu soal UTS diperoleh prosentase sebesar 90%, pada instrumen pelaksanaan kegiatan UTS diperoleh prosentase sebesar 91,6%, pada instrumen audit mutu soal UAS diperoleh prosentase sebesar 91%, dan pada instrumen pelaksanaan kegiatan UAS diperoleh prosentase sebesar 91,6%. Jadi secara keseluruhan model instrumen yang telah dikembangkan dikategorikan sangat baik dan siap untuk digunakan sebagai instrumen monitoring dan evaluasi bidang pengajaran pada Unit Penjaminan Mutu FPIPSKR.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Instrumen, Monitoring dan Evaluasi, Penjaminan Mutu.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 29 Mar 2018 02:56
Last Modified: 29 Mar 2018 02:56
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item View Item