PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU FISIKA MELALUI TEACHING CLINIC MGMP

Murniati, Ngurah Ayu Nyoman and Dwi, Nuvitalia (2017) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU FISIKA MELALUI TEACHING CLINIC MGMP. Universitas PGRI Semarang.

[img]
Preview
Text
[2013]_ngurahayunyomanmurniati_laporan_akhir tahun ke 1 HB.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan mata pelajaran fisika di jenjang pendidikan menengah diperlukan peningkatan minimal dua hal, yaitu (1) peningkatan mutu dan pengelolaan pengembangan kemampuan guru, dan (2) penciptaan kondisi lingkungan yang mampu meningkatkan motivasi guru . Salah satu alternatif kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensi guru dalam lingkungan yang kondusif dan sarat dengan motivasi adalah melalui pemberdayaan organisasi profesi seperti MGMP. Pengembangan keprofesionalan guru berkelanjutan melalui Teaching Clinic MGMP. Berdasar hal tersebut diatas dilakukan penelitian dalam dua tahun yang bertujuan di tahun pertama adalah merumuskan model pembinaan profesionalitas guru Fisika SMK melalui Teaching Clinic MGMP, serta merancang manajemen percontohan Teaching Clinic MGMP Fisika SMK di kota Semarang. Pada tahun kedua, penelitian dilakukan untuk mengetahui efektifitas pembinaan profesionalitas guru Fisika SMK kota Semarang melalui Teaching Clinic MGMP. Metode yang direncanakan adalah R&D dengan produk yang dihasilkan adalah Model Teaching Clinic MGMP dan Pedoman pengelolaannya pada tahun pertama. Efektivitas implementasi pengembangan Teaching Clinic MGMP sebagai model pengembangan keprofesionalan guru Fisika merupakan hasil yang diharapkan tercapai pada tahun ke dua. Hasil sementara di tahun pertama diperoleh bahwa model Teaching Clinic dapat digunakan pada pengembangan profesi guru Fisika SMK. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi ahli diperoleh data 83,3 % model dapat digunakan untuk pembinaan dan pengembangan guru Fisika SMK. 16,7 % kekurangannya dari hasil validasi merupakan bentuk perbaikan model untuk lebih layak digunakan dalam pengembangan profesi guru Fisika SMK Hasil validasi praktisi menunjukkan bahwa 80,68% model dapat digunakan.. Hasil uji kelompok terbatas menunjukkan bahwa guru Fisika sesudah mengikuti Teaching Clinic memiliki profesionalisme lebih baik dibanding sebelumnya. Kata kunci : Profesional, Guru Fisika, Teaching Clinic

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rilian Afta Marsti
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:25
Last Modified: 09 Feb 2018 07:25
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View Item View Item