ANALISIS LITERASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI SD NEGERI SUMBEREJO KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sumarni, Siti and Budiman, Muhammad Arief and Putriyanti, Lina (2023) ANALISIS LITERASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI SD NEGERI SUMBEREJO KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Prosiding sendika 2023, 3 (1). ISSN 978-623-8087-16-7

[img] Text
ANALISIS LITERASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI SD NEGERI SUMBEREJO KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2022_2023.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Apa saja bentuk-bentuk kemampuan literasi pembelajaran bahasa Inggris (2) Bagaimana tingkat kesulitan pengetahuan peserta didik kelas IV dalam berliterasi saat pembelajaran bahasa Inggris di SD Negeri Sumberejo Kecamatan Jaken Kabupaten Pati. Subjek Penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru bahasa Inggris, dan peserta didik kelas IV. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa dokumen dari guru bahasa Inggris maupun kepala sekolah. Sumber data dibagi menjadi dua yaitu sumber data primer berupa hasil pengumpulan data yang menggunakan observasi , wawancara, angket sedangkan sumber data sekunder berupa profil sekolahan, jadwal pelajaran, daftar siswa, daftar pendidik, silabus, dan bahan ajar. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi data pada prosesnya terdiri dari tiga tahap yang saling terkait yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bentuk-bentuk kemampuan literasi dalam pembelajaran bahasa Inggris sudah mencakup 4 aspek bentuk literasi dasar yaitu listening (menyimak), speaking (berbicara), writing (menulis), dan reading (membaca). Tingkat kesulitan pengetahuan peserta didik dalam berliterasi bahasa Inggris siswa mengalami kesulitan dalam speaking (berbicara) di lihat dari analisis data wawancara, angket dan observasi pembelajaran bahasa Inggris bahwa siswa masih kesusahan mengenai kosakata (vocabulary) dalam pengucapan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Literasi, pembelajaran, bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 13 May 2024 08:38
Last Modified: 13 May 2024 08:38
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/3257

Actions (login required)

View Item View Item