Setiyawan, Setiyawan (2018) eSport dan Literasi Digital. In: Seminar Nasional Keindonesiaan III "Penguatan SDM Di Era Disrupsi Teknologi Melalui Pendidikan, 13 September 2018, Universitas PGRI Semarang.
Text
PROSIDING SEMNAS III SETIYAWAN.pdf Download (30MB) |
Abstract
eSport merupakan bentuk olahraga digital. Konsep eSport masuk dalam cabang olahraga memang masih diperdebatkan, akan tetapi pada dasarnya hampir sama dengan catur maupun bridge, eSport membutuhkan pembelajaran, latihan, dan keterampilan motorik. Di bawah pengawasan badan/Lembaga tertentu eSport dapat digunakan sebagai media Pendidikan yang sesuai untuk memberikan pengetahuan, maupun sumber literasi digital tertentu. eSports tertentu bisa dianggap sebagai bentuk permainan yang menyiratkan unsur pembelajaran baik secara motorik maupun kognitif. Oleh karena itu eSport sebenarnya masih dalam ranah Pendidikan jasmani, karena eSport memenuhi unsur aktivitas fisik berupa motorik dan kognitif, di samping itu juga eSport bisa digunakan sebagai salah satu aktivitas rekreasi tetapi dengan mempertimbangkan aspek sosial berupa interaksi dan perilaku pada masyarakat. Kata kunci: eSport, Literasi Digital
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | dosen upgris semarang |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 06:46 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 06:46 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/573 |
Actions (login required)
View Item |