Suyati, Tri and Suhendri, and Ismanto, Heri Saptadi PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENCEGAH PERILAKU KONFORMITAS NEGATIF SISWA SMK NEGERI 5 SEMARANG. Tidak Ada.
This is the latest version of this item.
Text
PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENCEGAH PERILAKU KONFORMITAS NEGATIF SISWA SMK NEGERI 5 SEMARANG.pdf Download (462kB) |
Abstract
Konformitas pada dasarnya sangat penting dalam kehidupan setiap individu. Konformitas dalam kalangan siswa yang notabene remaja sangat penting, karena mereka akan berlomba-lomba menemukan jati diri mereka. Namun demikian ketika siswa tidak memilki kontrol diri dalam pergaulan maka akan menimbulkan konformitas negative. Juga sebaliknya jika dalam pergaulan siswa mampu mengontrol dirinya, maka akan melahirkan koformitas positif. Perilaku konformitas tidak terlepas dari dua aspek yaitu aspek emosional dan aspek usia perkembangan. dua hal tersebut adalah merupakan dua hal yang tidak bisa terpisahkan. Dimana pada usia remaja selalu dominan rasa atau aspek emosional. Usia remaja aspek emosional masih termasuk emosional yang labil atau belum terkontrol. Sehingga memungkinkan terjadi perilaku-perilaku yang tidak terkontrol. Dampak dari konformitas negative siswa, seperti tawuran, menjadikan hubungan pergaulan antar sekolah menjadi kurang harmonis dan sangat meresahkan masyarakat serta menganggu lalu lintas di jalan raya ketika siswa melakukan tawuran. Bahkan berdasarkan penyataan Guru BK, menyatakan bahwa beberapa siswa di tangkap oleh polisi saat meraka melakukan tawuran. Tujuan akhir penelitian ini adalah untuk mencegah terjadinya perilaku konformitas negatif siswa Sesuai dengan tujuan penelitian, maka metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Desain one gruop pre test dan post test desain. Dalam desain ini subjek dikenakan dua kali pengukuran, yakni dengan menggunakan skalapsikologis terkait perilaku konformitas negatif siswa. Berdasarkan hasil klasifikasi pree test dan post test tersebut di atas terdapat selisih prosesntase yaitu 36,63 %. Maka dapat di simpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat perubahan positif pada siswa yang semula memiliki perilaku konformitas negative sangat tinggi, namun setelah di beri layanan bimbingan kelompok, perilaku konformitas siswa menjadi rendah. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Perilaku Konformitas Negatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Farras Alda Havana |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 08:07 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 08:07 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/549 |
Available Versions of this Item
-
PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENCEGAH PERILAKU KONFORMITAS NEGATIF SISWA
SMK NEGERI 5 SEMARANG. (deposited 22 Jan 2018 06:56)
- PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENCEGAH PERILAKU KONFORMITAS NEGATIF SISWA SMK NEGERI 5 SEMARANG. (deposited 07 Aug 2019 08:07) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |