RESPON MASYARAKAT TERKAIT KEBIJAKAN PENDIDIKAN PROGRAM SEKOLAH LIMA HARI (PSLH) DI PROVINSI JAWA TENGAH

Roshayanti, Fenny and Widodo, Suwarno and Rasiman, Rasiman and Sutrisno, . and Wicaksono, Azizil Ghofar Candra (2015) RESPON MASYARAKAT TERKAIT KEBIJAKAN PENDIDIKAN PROGRAM SEKOLAH LIMA HARI (PSLH) DI PROVINSI JAWA TENGAH. Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian 2015. ISSN 978‐602‐0960‐29‐6

[img] Text
SNHP 2015 2.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/lppm_2015/...

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon masyarakat terkait pelaksanaan Program Sekolah Lima Hari (PSLH) serta permasalahan pelaksanaannya. Pendekatan penelitian yaitu mix method dengan menggunakan instrumen angket yang dilengkapi kolom saran terkait penerapan kebijakan. Populasi penelitian adalah SMA/SMK Provinsi Jawa Tengah dengan sumber data meliputi kepala sekolah, guru, siswa, dan orangtua siswa yang dipilih melalui area random sampling. Data diolah menggunakan statistika deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat respon positif masyarakat terhadap PSLH, namun terlihat kurang maksimal hanya berkisar 64%. Di samping memiliki kelebihan, ternyata program ini juga memiliki kendala. Kelebihan PSLH yaitu siswa lebih siap menghadapi dunia kerja atau perkuliahan, menekan pengaruh negatif lingkungan sosial siswa, serta menyediakan waktu luang bagi siswa untuk berinteraksi dengan keluarga, berolahraga, dan mengembangkan minat atau hobi. Kekurangan PSLH yaitu menurunnya perfoma guru dan siswa dalam pembelajaran, siswa tidak mengikuti les, guru sulit mengembangkan pembelajaran, siswa tetap mendapat tugas, pengeluaran biaya operasional sekolah meningkat, pengeluaran biaya bulanan orangtua siswa meningkat, tidak semua orangtua libur kerja pada hari sabtu, serta kegiatan keagamaan terganggu. Hal yang perlu diperhatikan dalam PSLH yaitu penyusunan jadwal, sarana ibadah dan kantin, jumlah jam pelajaran, jumlah lokal kelas, ketersediaan sarana transportasi umum hingga sore hari, serta keamanan daerah. Saran berdasarkan hasil penelitian yaitu PSLH terus dimonitoring dan dievaluasi, sekolah yang akan melaksanakan PSLH sebaiknya mengkaji segala aspek secara mendetail, pemerintah menyediakan sarana transportasi umum yang aman dan nyaman hingga sore hari di seluruh wilayah, pelatihan bagi guru tentang strategi pembelajaran yang inovatif, serta perlu tindaklanjut penelitian terkait keefektivan program. Kata Kunci: Program Sekolah Lima Hari (PSLH), Respon Masyarakat, Kelebihan dan Kekurangan PSLH

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 18 Jul 2018 02:16
Last Modified: 18 Jul 2018 02:16
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/431

Actions (login required)

View Item View Item