LAPORAN AKHIR PENELITIAN HIBAH APBU ANALISIS PEMAHAMAN KURIKULUM 2013 revisi 2017 PADA CALON GURU SD DI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Kusdaryani, Wiwik and Sukamto, Sukamto and Purnamasari, Veryliana and Ardiyanto, Asep LAPORAN AKHIR PENELITIAN HIBAH APBU ANALISIS PEMAHAMAN KURIKULUM 2013 revisi 2017 PADA CALON GURU SD DI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. LAPORAN AKHIR PENELITIAN HIBAH APBU ANALISIS PEMAHAMAN KURIKULUM 2013 revisi 2017 PADA CALON GURU SD DI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[img] Text
Dra. Wiwik Kusdaryani, M.Pd..pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk melihat sejauh mana pemahaman mahasiswa PGSD sebagai calon guru SD dalam memahami Kurikulum 2013 revisi 2017 dan menerapkan dalam pembelajaran sederhana di kampus. Analisis pemahaman ini dilihat dari segi pemahaman akan pendekatan, penilaian dan perangkat pembelajaran yang dibuat. Ketika calon guru bisa memanfaatkan perangkat pembelajaran maka pembelajaran akan berjalan lancar. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah mengetahui tingkat pemahaman calon guru SD mengenai Kurikulum 2013 revisi 2017 di Universitas PGRI Semarang dan menjadi dasar dalam pengembangan modul pembelajaran Kurikulum 2013 untuk calon guru SD pada penelitian selanjutnya. Metode yang akan diterapkan dalam pencapaian tujuan tersebut adalah metode kualitatif dengan menggunakan metode survey dengan menggunakan rumusan masalah dekriptif. Penelitian ini menitikberatkan analisis pemahaman Kurikulum 2013 pada calon guru SD di Universitas PGRI Semarang. Objek yang dipilih dalam penelitian ini adalah calon guru sekolah dasar di Universitas PGRI Semarang. Penentuan sumber data dilakukan dengan purposive. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada BAB IV, maka dapat disimpulkan bahwa mahasiswa PGSD yang berjumlah 102 mahasiswa terdapat sebanyak 13 mahasiswa (12,7%) memiliki pemahaman kurikulum 2013 versi 2017 pada kualifikasi tinggi, 29 mahasiswa (28,5%) memiliki pemahaman kurikulum 2013 versi 2017 pada kualifikasi sedang, dan 60 mahasiswa (58,8%) memiliki nilai pemahaman kurikulum 2013 versi 2017 pada kualifikasi rendah. Pemahaman calon guru SD terkait dengan pendekatan saintific pada kurikulum 2013 versi 2017 dapat dideskripsikan sebagai berikut: pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan saintific 2013 berpola 5 M yaitu: mengamati, menanya, mengeksperimen, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Kata kunci: Calon guru SD, Kurikulum 2013 revisi 2017

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Rilian Afta Marsti
Date Deposited: 05 Jun 2018 04:38
Last Modified: 05 Jun 2018 04:38
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item