Hayat, M. Syaipul and Minarti, Ipah, Budi and Wicaksono, Azizil Ghofar Candra Pengembangan Model Perkuliahan Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Mahasiswa. Universitas PGRI Semarang.
Text
laporan_akhir.pdf Download (855kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu model perkuliahan blended learning dalam upaya meningkatkan keterampilan argumentasi mahasiswa. Luaran yang hendak dicapai adalah berupa rancang bangun media dan perangkat model perkuliahan blended learning beserta instrumen dalam melakukan asesmen keterampilan argumentasi mahasiswa, baik secara on line maupun off line. Metode Research and Development (R & D) dipilih dalam penelitian ini melalui dua tahun pelaksanaan (multi years). Pada penelitian tahun pertama telah dilakukan pengembangan LMS berupa Argueweb sebagai perangkat model perkuliahan blended learning beserta instrumen yang telah divalidasi expert dan uji coba terbatas, sehingga diperoleh suatu prototype panduan model perkuliahan blended learning. Tahun kedua akan dilakukan uji coba skala luas (diseminasi) dengan target capaian berupa perangkat model perkuliahan blended learning dan instrumen keterampilan argumentasi mahasiswa yang efektif dan praktis digunakan dalam perkuliahan. Desain penelitian pada uji coba skala luas menggunakan quasy eksperiment “non equivalent control group design”.Subjek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FPMIPATI Universitas PGRI Semarang. LMS Argueweb yang digunakan dalam penelitian menyediakan ruang kepada mahasiswa untuk berinteraksi secara online dan berdikusi terhadap suatu topik yang memicu berkembangnya kualitas argumentasi. Rata-rata capaian kemampuan argumentasi dari diskusi online maupun offline dan tes uraian meningkat dalam implementasi pada mata kuliah Anatomi dan Fisiologi Tubuh Manusia serta mata kuliah Pengembangan Kurikuum IPA. Kata Kunci: blended learning, keterampilan argumentasi, LMS Argueweb
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfikar Husain Zule |
Date Deposited: | 03 Apr 2018 04:34 |
Last Modified: | 03 Apr 2018 04:34 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/341 |
Actions (login required)
View Item |