RANCANG BANGUN AUTHENTIC ASESSMENT MATEMATIKA ONLINE BERBASIS WONDERSHARE DI PERGURUAN TIGGI

Buchori, Achmad and Setyawati, Rina Dwi RANCANG BANGUN AUTHENTIC ASESSMENT MATEMATIKA ONLINE BERBASIS WONDERSHARE DI PERGURUAN TIGGI. Artikel.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-2 FIX (AUTHENTIC ASESSMENT MATH ACHMAD BUCHORI DKK) Prosiding Semnas Mat UM 2015.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Image
sertifikat.jpeg

Download (174kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat dasawarsa ini, mengharuskan dosen untuk mengemas pembelajaran yang menarik bagi mahasiswa yang berbasis ICT, salah satu wujud nyata kreatifitas dosen adalah membuat asessment matematika berupa online. Dari hasil survey di wilayah kopertis wilayah VI Jawa Tengah masih ada beberapa perguruan tinggi pada mata kuliah matematika SMA masih menggunakan penilaian konvensional. Alasan yang utama adalah mata kuliah matematika SMA merupakan mata kuliah yang sangat penting untuk dimengerti dan dipahami mahasiswa secara teori dan praktek sebagai bekal untuk menjadi pendidik di sekolah menengah. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa assessment matematika online pada mata kuliah matematika SMA yang valid/layak digunakan disemua program studi pendidikan matematika di Jawa Tengah sehingga dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia yang cerdas, kreatif, inovatif dan mampu bersaing di abad 21. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang pada pelaksanaannya hanya sampai pada tahapan Tahap Develop preliminary form of product untuk menghasilkan produk yang valid oleh ahli. Tahapan ini validasi ahli oleh 4 dosen yaitu 2 dosen ahli materi dan 2 dosen ahli media dari perguruan tinggi Universitas PGRI Semarang dan Universitas Negeri Semarang Dari hasil penelitian dapat disimpukan bahwa Authentic Asessment Matematika Online Berbasis Wondershare telah valid/layak yang divalidasi oleh ahli , yaitu: (1) validasi ahli materi pertama dengan prosentase untuk aspek umum sebesar 87,5%, aspek substansi materi sebesar 91,7%, dan aspek kelayakan bahasa sebesar 94,4% (2) Validasi ahli materi kedua sebesar 88%, aspek substansi materi sebesar 92%, dan aspek kelayakan bahasa sebesar 88,9% (3) Validasi media dengan prosentase untuk aspek umum sebesar 88%, aspek penyajian pembelajaran sebesar 85%, aspek kelayakan bahasa sebesar 75%, dan aspek Kelayakan Kegrafikan 82,14% (4) Validasi media dengan prosentase untuk aspek umum sebesar 81,25%, aspek penyajian pembelajaran sebesar 75%, aspek kelayakan bahasa sebesar 81,25%, dan aspek Kelayakan Kegrafikan 75%. Dari prosentase hasil validasi ahli tersebut produk yang dihasilkan dikatakan layak atau valid. Kevalidan produk tersebut diharapkan dapat memudahkan dosen dan mahasiswa dalam belajar dalam melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian, kemudian dilakukan uji terbatas terhadap produk authentic asessment diperoleh rata-rata hasil belajar mahasiswa lebih dari 85. Hal ini menunjukkan bahwa dengan media website membuat proses penilaian dan penguasaan materi lebih mudah. Keywords: Rancang Bangun, Authentic Assessment Matematika online, Wondershare

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 25 Jul 2017 09:06
Last Modified: 25 Jul 2017 09:06
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/17

Actions (login required)

View Item View Item