Cahyadi, Fajar (2020) MISKONSEPSI PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK SEKOLAH DASAR. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3 (2). ISSN 2615-766
Text
Fajar_S4-03_JPRD_MISKONSEPSI PENYELESAIAN SOAL.pdf Download (321kB) |
|
Text
TurnitinS_Fajar_S4-03_JPRD_MISKONSEPSI PENYELESAIAN SOAL.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penyebab miskonsepsi yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi FPB dan KPK.Siswa kelas IVB SDN Pedurungan Lor 01 Semarang adalah subjek penelitian.Metode yang digunakan adalah angket online (google form), tes online (google form), wawancara, dan dokumentasi.Pada tes tertulis dilaksanakan oleh 22 siswa kelas IVB SDN Pedurungan Lor 01 Semarang.Setelah data itu valid dan diketahui letak miskonsepsinya maka dilakukan penelitian lebih lanjut yaitu dengan wawancara hingga dapat diketahui penyebab miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa miskonsepsi konsep sebanyak 43,02% siswa belum bisa memahami konsep FPB atau KPK dalam menyelesaikan soal cerita materi FPB dan KPK. Miskonsepsi sistematika sebanyak 25,58% siswa mengalami kesalahan pada langkah-langkah dalam menyelesaikan soal cerita materi FPB dan KPK. Miskonsepsi hitung, yaitu sebanyak 24,42% siswa mengalami miskonsepsi hitung saat menyelesaikan soal cerita materi FPB dan KPK. Miskonsepsi terjadi karena adanya kesalapahaman hitung yang dilakukan yaitu ketika menjawab hasil dari FPB atau KPK atau saat menentukan hasil akhir yang diperoleh. Miskonsepsi 6,98% siswa mengalami kesalahan dalam menerapkan operasi yang diterapkan.Penyebab miskonsepsi berasal dari siswa dan cara pengajaraan. Penyebab miskonsepsi dari siswa dapat terjadi dikarenakan pemikiran assosiatif siswa, rendahnya minat belajar siswa. Penyebab miskonsepsi dari cara pengajaran karena kurangnya pemanfaatan alat peraga, media pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | dosen upgris semarang |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 01:46 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 01:46 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/1466 |
Actions (login required)
View Item |