IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR STUDY DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI GEDANGANAK 02 UNGARAN

Cahyadi, Fajar (2020) IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR STUDY DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI GEDANGANAK 02 UNGARAN. ELEMENTARY SCHOOL (JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Ke-SD-an), 7 (1). ISSN 25024264

[img] Text
Fajar_S4-02_ELEMENTARY SCHOOL_IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR.pdf

Download (187kB)
[img] Text
TurnitinS_Fajar_S4-02_ELEMENTARY SCHOOL_IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil dan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Gedanganak 02 Ungaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kurangnya metode pembelajaran yang variatif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah keefektifan metode Outdoor Study terhadap hasil dan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SD Negeri Gedanganak 02 Ungaran tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keefektifan metode pembelajaran outdoor study terhadap hasil dan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Gedanganak 02 Ungaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Gedanganak 02 Ungaran tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 25 peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gedanganak 02 Ungaran yang berjumlah 25 siswa dengan menggunakan menggunakan tehnik sampel jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode outdoor study terbukti efektif terhadap kemampuan hasil dan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Gedanganak 02 Ungaran dengan diperoleh nilai rata-rata pretest 60,2 dan pada posttest memperoleh nilai rata-rata 75,6. Uji t yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 10,282 > 2,064 maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan metode outdoor study terhadap hasil dan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Gedanganak 02 Ungaran.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:18
Last Modified: 14 Apr 2023 02:18
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/1452

Actions (login required)

View Item View Item