UPAYA PENINGKATAN BUDAYA LITERASI PADA PESERTA DIDIK DENGAN SASTRA POPULER KARYA ANDREA HIRATA

Umaya, Nazla, Maharani (2020) UPAYA PENINGKATAN BUDAYA LITERASI PADA PESERTA DIDIK DENGAN SASTRA POPULER KARYA ANDREA HIRATA. JURNAL PENYELIDIKAN ANTARABANGSA, 5 (1). pp. 9-13. ISSN 26410011

[img] Text
jurnal teks vol. 5 no. 1 artikel full.pdf

Download (570kB)

Abstract

Budaya merupakan kebiasaan,literasi adalah kemampuan membaca atau menulis. Jadi,budaya literasi adalah kebiasaan membaca atau menulis yang dilakukan terus-menerus dengan tujuan mendapatkan pengetahuan atau informasi. Budaya literasi di Indonesia sedang berada pada titik mengkhawatirkan. Oleh karena itu, kita perlu melakukan upaya-upaya yang dapat meningkatkan budaya literasi terutama di kalangan peserta didik. Rendahnya minat baca dan kurang tertariknya peserta didik pada bidang sastra menjadi salah satu alasan utama peserta didik tidak suka berliterasi. Salah satu cara agar peserta didik tertarik dengan literasi adalah dengan bahan bacaan yang ringan, bahasanya mudah dipahami, dan ceritanya tidak jauh dari kehidupan peserta didik. Sastra populer menjadi pilihan dalam hal ini karena dianggap sesuai dengan kebutuhan peserta didik, salah satunya karya Andrea Hirata. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan budaya literasi dengan menggunakan sastra populer karya Andrea Hirata.

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 07 Nov 2022 05:00
Last Modified: 07 Nov 2022 05:00
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/796

Actions (login required)

View Item View Item