Sulanjari, Bambang (2016) MENELISIK TINGKAT LITERASI BAHASA JAWA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). KONFERENSI INTERNASIONAL VI BAHASA, SASTRA, DAN BUDAYA DAERAH INDONESIA. ISSN 978-602-60167-0-6
Text
2016b Prosiding Ikadbudilampung.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan literasi siswa merupakan langkah awal dalam pencapaian keberhasilan pembelajaran. Sebaliknya, salah satu indikator keberhasilan pembelajaran ditandai dengan semakin baiknya tingkat literasi siswa. Semakin baik tingkat literasi siswa semakin baik pula tingkat daya serap siswa terhadap informasi yang diperolehnya dalam proses pembelajaran. Sejalan dengan upaya peningkatan keterampilan berbahasa Jawa siswa secara lisan dan tulis, maka budaya literasi bahasa Jawa sangat perlu ditingkatkan dengan harapan mampu memberikan solusi yang terbaik dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa. Empat aspek yang merupakan indikator tingkat literasi bahasa Jawa adalah aspek pemahaman unggah-ungguh bahasa Jawa, aspek pemahaman kosa kata sukar, aspek pemahaman ejaan, dan aspek pemahaman isi bacaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, tingkat literasi bahasa Jawa siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih relatif rendah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah |
Depositing User: | dosen upgris semarang |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 04:08 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 04:08 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/732 |
Actions (login required)
View Item |