Asropah, - and Septiana, Ika and Muhajir, - and Rifai, Ahmad (2021) MODEL BUKU BAHASA INDONESIA BERBASIS SINTAKSIS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA: ANALISIS KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA BERBASIS SINTAKSIS. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Text
6. Laporan Penelitian 2.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam kurikulum 2013 revisi mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA terdapat beberapa pokok pembahasan atau materi pembelajaran yang berkaitan dengan ilmu kebahasaan atau linguistik salah satunya dalah ilmu Sintaksis. Pada dasarnya Sintaksis merupakan kajian mengenai kalimat. Berdasarkan kenyataan dilapangan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia di SMA juga diajarkan mengenai kalimat sehingga hal ini menunjukkan bahwa kajian ilmu sintaksis diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Permasalahan yang ada dilapangan berkaitan dengan ilmu sintaksis dalam pembelajaran Bahasa Indoensia SMA adalah 1) apakah kajian sintaksis sudah masuk dalam silabus kurikulum 2013? 2) Pembahasan apa saja yang diulas dalam materi bahasa Indonesia SMA yang berkaitan dengan ilmu sintaksis? Oleh karena itu perlu dilakukan kajian mengenai analisis kurikulum 2013 berkaitan dengan ilmu sintaksis yang ada dalam silabus bahasa Indonesia SMA. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan model buku bahasa Indonesia berbasis sintaksis pada pembelajaran bahasa Indonesia SMA: analisis kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA Berbasis Sintaksis. Secara khususu tujuan penelitian ini mendeskripsikan analisis kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA berbasis Sintaksis sebagai analisis kebutuhan awal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Metode penelitiain pengembangan yang akan dilakukan dalam penelitian ini merupakan penelitian tahap awal studi kasus lapangan sebagai kebutuhan rancangan awal dalam rangka pengembangan yang nantinya akan dilakukan setelah penelitian ini selesai dilakukan. Sumber data penelitian ini adalah silabus kurikulum 2013 Mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA yang digunakan guru Bahasa Indonesia Kota Semarang. Data dalam penelitian ini adalah materi Bahasa Indonesia SMA berbasis sintaksis. Selanjutnya data yang telah ditemukan diverivikasi oleh tim verivikator yaitu guru bahasa Indoensia SMA kota Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode rekap catat yaitu merekap dan mencatat materi bahasa Indonesia SMA yang ada dalam silabus yang berkaitan dengan ilmu sintaksis. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskripsi. Berdasarakan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat sebaran materi sintaksis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia SMA. Hal itu dibuktikan dari sebaran silabus Bahasa Indonesia SMA yang tampak pada kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, dan materi pembelajaran. Sebaran materi sintaksis seperti pada materi Bahasa Indonesia SMA kelas X terurai pada kompetensi dasar 3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi. Indikator pencapaian kompetensi 3.2.1 Menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi dan 3.2.2 Membenahi kesalahan berbahasa dalam teks laporan hasil observasi tentang sampah (karakter adiwiyata: pengetahuan tentang sampah). Materi pembelajaran 1) Kata, Frasa Verba serta nomina, 2) Afiksasi, 3) Kalimat definisi dan kalimat deskripsi, 4) Kalimat simpleks dan kompleks, 5) Imbuhan di-/ke, dan 6) Penggunaan huruf kapital. Pada materi pembelajaran Bahasa Indoneisa SMA kelas X terdapat materi yang berkitan dengan sintaksis yaitu materi kalimat (kalimat deskripsi, kalimat kompleks, dan simpleks) dan penggunaan huruf kapital.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Usis Prasetyo Aryanabih |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 01:33 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 01:33 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/717 |
Actions (login required)
View Item |