CHR. ARGO, WIDIHARTO PERILAKU BULLYING, HARGA DIRI DAN PEMAHAMAN MORAL ANAK. UKRIDA. (In Press)
Text
220297-perilaku-bullying-harga-diri-dan-pemaham.pdf Download (386kB) |
Abstract
ABSTRAK Kekerasan‐kekerasan yang dilakukan siswa yang berlangsung secara sistematis disebut dengan istilah bullying. Bullying sendiri didefinisikan sebagai tindakan menyakiti secara fisik dan psikis secara terencana oleh pihak yang merasa lebih berkuasa terhadap yang lemah. Bullying secara sederhana diartikan sebagai penggunaan kekuasaan atau kekuatan untuk menyakiti seseorang atau kelompok sehingga korban merasa tertekan, trauma, dan tidak berdaya. Bullying sering terjadi di SD dan berdampak negatif pada korban. Permasalahan ini berkaitan dengan harga diri siswa dan pemahaman moral anak. Anak yang memiliki harga diri yang positif, dirinya akan menerima keberadaan dirinya dan mengakui akan kemampuan yang dimilikinya. Anak dengan pemahaman moral yang tinggi, dirinya akan menilai suatu perbuatan apakah bernilai baik atau buruk. Akibat dari harga diri yang positif dan pemahaman moral yang tinggi, maka anak tersebut akan menjaga perilakunya agar tidak melukai temannya dan tidak bertindak menyakiti orang lain atau dengan kata lain tidak melakukan perilaku bullying. Anak hendaknya mempertahankan harga diri yang sudah tergolong tinggi atau positif seperti menerima dan menghormati diri yang berkaitan dengan dimensi akademik, teman, keluarga, emosional, dan dimensi fisik, sehingga perilaku bullying dapat ditekan. Anak perlu mempertahankan pemahaman moral yang sudah tergolong tinggi sehingga perilaku bullying dapat ditekan. Kata kunci: bullying, harga diri, pemahaman moral
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Usis Prasetyo Aryanabih |
Date Deposited: | 12 Nov 2021 06:26 |
Last Modified: | 12 Nov 2021 06:26 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/706 |
Actions (login required)
View Item |