KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN OPTIMALISASI PEMANFAATAN LINGKUNGAN DAN ALAT PERAGA MANIPULATIF SEBAGAISUMBER BELAJAR TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA

Nursyahidah, Farida and Hidayah, Isti and Isnarto, Isnarto KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN OPTIMALISASI PEMANFAATAN LINGKUNGAN DAN ALAT PERAGA MANIPULATIF SEBAGAISUMBER BELAJAR TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA. SENDIMAT 'SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA'.

[img]
Preview
Text
SENDIMAT NASKAH ARTIKEL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

TuJUan dari penelidan ini adalah untuk mengetahi keefelctifan pembel巧 aran matematka yang sesuai dengan standar proses berbasis pemanfaatan lingkungan dan alat peraga manipulatif sebagd sumber bettar terhadap pengcmbangan krcativitas siswa.Penelitian dilaksanakan(Ц SI)N2Karanttangu.Perlnasalahan dalalm penelitian ini sebagai be五 kut(1)bagaimanakah hditas proses pembelaaran dengan optimaHsasi pemanfattan lingkungan dan altt peraga manipul“ P;(2)bagaimanakah keefektifan pembelaiaran mttematika dengan optimalisasi pemanfaataan lingkungan dan alat peraga manipulatif terlladap pengel■ bangan kreativttas siswa? Pcnclidan ini terlnasuk penelitian ekspe五 men sebagai bagian dalam payung Rω ιακλ αんグDθッθ′ terdiriぬ五 tahap perencanaan,pelaksanaan pembelaiaran,pcng雛 Adapllll hasil penelitian ini adalall(1)kualitas proses pcmbelaiaran dalam katcgo五 α ② 4カοο 6θ .〃 (Dsイ η α乃 @ノ "“ ッκκιS.α θ.ガ α力οο.ε θ “ ι″ ′ yang 壼 an,dan rencksi. dh可磁 an dcngan rda¨ rata aktivitas siswa 3,28;rda¨ rata mot市 asi bettar siswa 79,40%;hasil bcttar siSWa dengan rata¨ rata kclas 71,55 dan kemntasan bclaiar 75,76%; rata―rata respon siswa menyenangi pembelttaran 86%;dan rata― rata kesan guru sang江 setuiu 86,67%;(2)pembettaran matematika dengan pemanfaataan lingkungan dan alat peraga manipulatif efektif terhadap pengembangan krё ttivitas siswa,dimゴ ul■ an dengan rata‐ rata kreati宙 tas siswa 3,14,hasil tes krcat市 itas siswa menhgkat da五 rata‐ rata awa1 63,09 dcngan ketuntasan kclas 66,670/0 1nenJadi rata‐ rata akhir 73,48 dcngan ketllntasan kelas 75,76%.Pembel可 aran matematika dengan opumalisasi pemanfaataan lingkungan dan alat peraga lnanipulatif dapat meningkatkan kualitas proses pembellaran Serta mengembangkan krcativitas siswa. Kata kuncio Alat Peraga Manlpulatit Lingkungan,Kreat市 l. Pendahuluan itas Siswa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 15 May 2017 06:42
Last Modified: 15 May 2017 06:42
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/7

Actions (login required)

View Item View Item