Dian Ayu, Zahraini (2019) Model Intervensi Anti Bullying Berbasis Sekolah. UDINUS.
Text
peer review terakhir fix jurnal 1.pdf Download (807kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian model pembelajaran untuk program anti bullying berbasis sekolah untuk anak usia dini yang diawali dengan tahapan analisis kebutuhan yang kemudian dikembangkan model pembelajarannya, dan konstruk draf model pembelajaran. Penelitian diawali dengan studi pendahuluan yaitu kajian teori dan temuan penelitian-penelitian sebelumnya, yang dilanjutkan dengan menyusun draft model pembelajaran. Yang dilanjutkan dengan tahap draft model pembelajaran dan instrumen. Tahapan terakhir adalah penyusunan prototype buku panduan model pembelajaran program anti bullying berbasis sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak usia dini dapat mengembangkan pemahaman tentang bullying, adaptasi peraturan kelas terhadap bullying, pemahaman atas apa yang orang rasakan terhadap bullying dan aturan-aturan dasar dalam program anti bullying, serta aturan-aturan emas di Taman Bermain. Implementsi model program anti bullying berbasis sekolah di RA At Thohirriyah menunjukkan adanya respon positif dimana anak dapat mengembangkan pemahaman terhadap pertanyaan pre-reading, pertanyaan post-reading, kegiatan pasca-reading, dan pemahaman terhadap emosi sebagai proses pengembangan kemampuan sosial mereka. Kata Kunci: Pembelajaran, Anti Bullying, Berbasis Sekolah
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | dosen upgris semarang |
Date Deposited: | 06 Feb 2020 07:50 |
Last Modified: | 06 Feb 2020 07:50 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/594 |
Actions (login required)
View Item |