Muhtarom, Muhtarom and Sugiyanti, Sugiyanti Proses Berpikir Mahasiswa Pendidikan Matematika Ikip Pgri Semarang Dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Dengan Pemberian Scaffolding. KURIKULUM 2013, APLIKASI DAN PERANNYA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MATEMATIKA. ISSN 978-602-17146-4-5
Text
Unesa 2013 - Scaffolding.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Semarang dalam memecahkan masalah Trigonometri dengan pemberian scaffolding. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir mahasiswa dalam pemecahan masalah bersifat unik dan spesifik tergantung pada individu mahasiswa masing-masing. Untuk mahasiswa yang berkemampuan matematika tinggi, pada umumnya mereka tidak membutuhkan scaffolding dalam memecahkan masalah. Mereka sudah mampu memahami masalah, menyusun rencana pemecahan masalah, mampu melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan benar dan mampu memberikan argumentasi dari setiap langkah yang dilaksanakan. Pada mahasiswa berkemampuan matematika sedang, setelah mendapatkan scaffolding proses berpikirnya dapat berkembang hingga struktur berpikirnya sesuai dengan struktur masalah. Sedangkan mahasiswa yang mempunyai kemampuan matematika rendah diduga pemberian scaffolding kurang dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan alur berpikir pemecahan masalah. Kata Kunci: Proses Berpikir, Pemecahan Masalah, Scaffolding.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Berpikir, Pemecahan Masalah, Scaffolding. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 10 May 2019 06:15 |
Last Modified: | 10 May 2019 06:15 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/537 |
Actions (login required)
View Item |