DESAIN ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN CONGKLAK BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP

Kusumaningsih, Widya and Supardi, - and ariyanto, lilik (2019) DESAIN ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN CONGKLAK BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP. LPPM Universitas PGRI Semarang. (In Press)

[img] Text
ARTIKEL CONGKLAK.pdf

Download (380kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran ethnomatematika pada permainan congklak berbasis blended learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisys, design, development, implementation, evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Semarang. Sebelum diujicobakan desain pembelajaran permainan congklak berbasis blended learning terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil analisis dari validasi ahli media dan ahli materi termasuk dalam kriteria baik. Jadi desain pembelajaran permainan congklak berbasis blended learning tersebut layak untuk digunakan. Pengembangan desain pembelajaran ini dikatakan efektif karena telah memenuhi empat indikator. Pertama, dilihat dari ketuntasan belajar individual dan ketuntasan belajar klasikal. Kedua, adanya pengaruh positif antara keaktifan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Ketiga, berdasarkan analisis akhir dengan menggunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol. Jadi penggunaan desain pembelajaran permainan congklak berbasis blended learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi relasi dan fungsi dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif untuk mencapai ketuntasan belajar siswa. Kata Kunci: Ethnomatematika, Blended Learning, Berpikir Kreatif

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Usis Prasetyo Aryanabih
Date Deposited: 25 Apr 2019 06:41
Last Modified: 25 Apr 2019 06:41
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/532

Actions (login required)

View Item View Item