IMPLEMENTASI KODE ETIK GURU INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PPKn SMA DI KOTA SEMARANG

Maryanto, - and Supriyanto, Agus and PS, Supriyono and Khoiriyah, Nor IMPLEMENTASI KODE ETIK GURU INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PPKn SMA DI KOTA SEMARANG. UPGRIS.

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Upaya peningkatan kualitas pendidikan yang dicita-citakan bangsa Indonesia untuk membentuk generasi bangsa berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur, Organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) telah menetapkan kode etik guru. Hal ini menjadi dasar seorang guru dalam berperilaku dan bertindak sesuai dengan kode etik yang telah ditetapkan. Demikian pula, bahwa kode etik yang telah disepakati untuk dijadikan sebagai arah dalam melaksanakan tugas profesi guru memiliki peran dalam meningkatkan profesionalisme guru. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin melakukan penelitian terkait dengan “Implementasi Kode Etik Guru Indonesia Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PPKn SMA Di Kota Semarang”. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan aktualisasi Kode Etik Guru Indonesia pada guru PPKn SMA di Kota Semarang; dan (2) mengidentifikasi implementasi Kode Etik Guru dalam meningkatkan profesionalisme guru PPKn di Kota Semarang. Berdasarkan tujuan tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Lokasi penelitian di Kota Semarang, Adapun fokus penelitian ini adalah implementasi kode etik guru dalam meningkatkan profesionalisme Guru PPKn SMA di Kota Semarang, berdasarkan fokus tersebut, maka indikatornya meliputi (1) sasaran tujuan kode etik guru dalam meningkatkan profesionalisme guru PPKn SMA di Kotas Semarang; (2) penerapan nilai-nilai kode etik guru dalam meningkatkan profesionalisme guru PPKn SMA di Kotas Semarang; (3) pelaksanaan kode etik guru dalam meningkatkan profesionalisme guru PPKn SMA di Kotas Semarang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan keabsahan data menggunakan trianggulasi metode. Adapun teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktulisasi aktualisasi Kode Etik Guru Indonesia pada guru PPKn SMA di Kota Semarang dilakukan untuk mencapai tujuan, yaitu menempatkan guru sebagai profesi terhormat, mulia, dan bermartabat yang dilindungi Undang-Undang; (2) implementasi Kode Etik Guru dalam meningkatkan profesionalisme guru PPKn di Kota Semarang dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, yaitu nilai agama dan Pancasila, nilai-nilai Kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional, serta nilai-nilai jati diri, harkat dan martabat manusia yang meliputi perkembangan kesejahteraan jasmani, emosional, intelektual, sosial, dan spiritual dalam melaksanakan tugas profesinya sebagai guru. Kata kunci: Kode Etik, Profesional, guru PPKn.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Ika Lutfi Aulianti
Date Deposited: 22 Feb 2019 07:49
Last Modified: 22 Feb 2019 07:49
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item