PROFIL GURU MATEMATIKA SMP DITINJAU DARI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN

Rasiman, - and Rahmawati, Noviana Dini (2018) PROFIL GURU MATEMATIKA SMP DITINJAU DARI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN. Universitas PGRI Semarang.

[img] Text
Laporan Pen.Profil Guru SMP Rasiman.pdf

Download (1MB)

Abstract

Profesi guru merupakan upaya Pemerintah dalam meningkatkan mutu guru yang dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan guru. Guru yang telah lulus uji profesi guru akan diberi tunjangan profesi sebesar satu kali gaji pokok sebagai bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil guru matematika SMP ditinjau dari PKB. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian adalah guru matematika SMP dan kepala sekolah di Kota Semarang. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil guru SMP di Kota Semarang, aspek: (1) pengembangan diri, sebesar 56,6% dan guru mempunyai kemauan dan motivasi yang baik untuk mengikuti kegiatan ini baik yang diselenggarakan oleh sekolah maupun instansi lain, (2) pada aspek publikasi ilmiah, sebesar 33,5 % dan sebagian besar guru tidak mampu dan tidak mau melakukan penelitian tindakan kelas maupun menulis artikel ilmiah, dan (3) pada aspek karya inovatif sebesar 29,25 % dan sebagaian guru tidak berminat membuat alat peraga, terutama media pembelajaran berbasis IT. Kata Kunci : Profil, Guru SMP, PKB

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Renie Puji Astuti
Date Deposited: 26 Oct 2018 07:12
Last Modified: 26 Oct 2018 07:12
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item