Analisis Kesalahan Gramatikal Pada Penulisan Descriptive Text Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang

Setyaji, Arso and Sukmaningrum, Rahmawati and Hawa, Faiza (2018) Analisis Kesalahan Gramatikal Pada Penulisan Descriptive Text Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN DESKRIPTIF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi berbagai kesalahan gramatikal berdasarkan Surface Strategy Taxonomy dan frekuensi kemunculannya serta untuk mengetahui berbagai macam problematika mahasiswa ketika menulis teks dalam bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-kuantitatif dengan instrument berupa tes tertulis berbentuk esai dan kuesioner. Teks deskriptif berbahasa Inggris yang ditulis oleh mahasiswa semester tiga merupakan objek dari penelitian ini. Teks-teks tersebut kemudian dianalisis berdasarkan teori Surface Strategy Taxonomy yang dikemukakan oleh Dulay. Dari hasil analisis teks, peneliti menemukan 4 jenis kesalahan gramatikal yang sesuai dengan teori Dulay. 4 jenis kesalahan tersebut berupa Omission (68.31%), Addition (9.6%), Misformation (8.45%), dan Misordering (2.11%). Berbagai macam problematika yang dihadapi mahasiswa ketika menulis diantaranya adalah lemahnya pemahaman tentang tenses, lemahnya penguasaan vocabulary, pemilihan leksikal yang tidak tepat dalam kalimat, dan penyusunan struktur kalimat yang salah dalam teks. Dalam hal ini, mahasiswa masih menuliskan teks dengan memakai struktur kalimat bahasa asli atau bahasa Indonesia. Kata Kunci: kesalahan gramatikal, deskriptif teks, Surface Strategy Taxonomy

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Renie Puji Astuti
Date Deposited: 12 Oct 2018 01:45
Last Modified: 12 Oct 2018 01:45
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item View Item