PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERPIDATO UNTUK SISWA SMP DI KOTA SEMARANG

Larasati, - (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERPIDATO UNTUK SISWA SMP DI KOTA SEMARANG. JURNAL PENDIDIKAN EDUKASIA, ii (02). pp. 44-64. ISSN 2302-1225

[img] Text
edukasi komlit.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berpidato pada siswa SMP sesuai dengan kebutuhan dan situasi di lapangan, serta kontekstual. Target khusus penelitian ini adalah: (a) terdeskripsikannya kondisi saat ini tentang karakteristik pembelajaran keterampilan berpidato di SMP; (b) tersusunnya media pembelajaran berupa VCD dan buku panduan berpidato bagi siswa SMP, dan (c) terujinya tingkat keefektifan dan feasibilitas media pembelajaran keterampilan berpidato di SMP. Untuk mencapai sasaran penelitian tersebut, pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan reseach and development (R&D), yaitu suatu penelitian yang ditindaklanjuti dengan pengembangan suatu model (model of) melalui siklus proses penelitian - aksi - refelksi- evaluasi - dan inovasi - dalam suatu rangkaian kegiatan yang sistematis. Media pembelajaran dirumuskan secara kolaboratif antara peneliti, pakar ahli, dan guru bidang studi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa karakteristik berpidato yang diminati oleh siswa SMP berkaitan dengan Sembilan aspek berpidato, yaitu (1) tema pidato, (2) forum berpidato, (3) teknik berpidato, (4) penampilan, (5) model berpidato, (6) ragam bahasa pidato, (7) proses berpidato (8) pembelajaran berpidato, dan (9) persiapan berpidato. Adapun karakteristik pembelajaran yang dilaksanakan guru dirinci dalam lima aspek, yakni (1) materi berpidato, (2) proses berpidato, (3) model berpidato, (4) pelaksanaan kegiatan pidato, dan (5) pembelajaran berpidato. Pengembangan paket panduan berpidato berupa VCD dan buku panduan ini melalui enam tahap, yaitu (1) anali` sis teoretis, (2) analisis kebutuhan siswa dan guru, (3) penyusunan prototype, (4) uji ahli, (5) revisi produk, dan (6) uji efektivitas produk. Terakhir, paket panduan berpidato berupa VCD dan buku panduan ini efektif digunakan untuk siswa SMP Kata kunci: pembelajaran, berpidato, media pembelajaran, VCD pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:11
Last Modified: 20 Sep 2018 02:31
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item View Item