Senowarsito, - and Nugrahani, Dyah and Werdiningsih, Yuli Kurniati and Musarokah, Siti (2018) PENGEMBANGAN DAKO3PI (DAKON BERBASIS PROVISI, PROTEKSI, DAN PARTISIPASI) BAGI ANAK USIA DINI. Universitas PGRI Semarang.
Text
LAPORAN TH II PLUS SCAN SENOWARSITO.pdf Download (1MB) |
Abstract
Maraknya kekerasan terhadap anak yang terjadi di lingkungan sekolah dewasa ini menunjukkan belum terbentuknya lingkungan pendidikan yang ramah anak. Pendidikan ramah anak sudah seharusnya diterima oleh anak mulai dari usia dini. Pendidikan ramah berdasar pada provisi, proteksi, dan partisipasi. Salah satu upaya pelaksanaan pendidikan ramah anak pada anak usia dini adalah dengan memfasilitasi anak usia dini dengan alat permainan edukati (APE) yang berbasis provisi, proteksi, dan partisipasi. Berdasarkan hal tersebut dilaksanakan penelitian dengan judul PengembanganmodelDAKO3PI (Dakon berbasis provisi, proteksi, dan partisipasi) bagi anak usia dini. Tujuan utama penelitian ini adalah menemukan model Alat Permainan Edukatif (APE) berbasis provisi, proteksi, dan partisipasi (3P). Penelitian akan dilaksanakan dalam waktu 3 tahun dengan tujuan khusus di setiap tahun. Tujuan tahun pertama adalah mendeskripsikan jenis-jenis APE yang digunakan sebelumnya dalam pembelajaran pada anak usia dini di Kota Semarang, mendeskripsikan kelayakan APE yang digunakan sebelumnya dalam pembelajaran pada anak usia dini di Kota Semarang, danmenemukan prototype APE berbasis 3P (Provisi, Proteksi, dan Partisipasi) untuk anak usia dini di Kota Semarang, melakukan uji coba APE berbasis 3P (Provisi, Proteksi, dan Partisipasi) untuk anak usia dini di Kota Semarang. Tujuan penelitian di tahun kedua adalah mengetahui efektifitas penggunaan APE berbasis 3P (Provisi, Proteksi, dan Partisipasi) pada anak usia dini di Kota Semarang dan mengembangkan APE berbasis 3P untuk anak usia dini di Kota Semarang. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian dan pengembangan" (Reseach and Development – R & D). Penelitian dilaksanakan di Kota Semarang dengan populasi seluruh PAUD di Kota Semarang dan sampel diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian ini yaitu 1) Penerapan DAKO3PI secara terbatas (uji terbatas) telah dilaksanakan di TK Aisiyah Kota Semarang. Penerapan DAKO3PI difokuskan pada pembelajaran tentang pengenalan nama binatang; bentuk; warna; dan berhitung. 2) Aspek yang dikembangan dalam penerapan media DAKO3PI adalah moral dan nilai-nilai agama; fisik/motorik; sosial dan emosional; bahasa; dan kognitif. Berdasarkan hasil penelitian aspek-asek tersebut masih cukup standar. 3) Kendala yang ditemukan dalam penerapan DAKO3PI secara terbatas adalah kurangnya kontrol guru terhadap siswa; bahan pembuat alat permainan DAKO3PI rentan rusak; dan berat DAKO3PI belum ideal untuk anak usia dini. Kata kunci: APE, ramah anak, provisi, proteksi, partisipasi
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Renie Puji Astuti |
Date Deposited: | 14 Aug 2018 02:14 |
Last Modified: | 14 Aug 2018 02:14 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/459 |
Actions (login required)
View Item |