Nizaruddin, Nizaruddin and Rasiman, Rasiman and Murtianto, Yanuar Hery (2013) Menumbuhkan Karakter Mahasiswa melalui Pengembangan Bahan Ajar Matematika dalam Aljabar Abstrak dengan Pendekatan Teori APOS. Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian 2013. ISSN 978-602-8047-86-9
Text
snhp 2013 Menumbuhkan Karakter.pdf Download (4MB) |
Abstract
Fokus penelitian ini adalah menumbuhkan karakter mahasiswa melalui pengembangan prototipe bahan ajar aljabar abstrak berbasis teori APOS. Teori APOS menggunakan siklus pembelajaran ACE yang terdiri dari tiga komponen yaitu :aktivitas, diskusi kelas dan latihan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur awal penelitian ini terdiri dari: analisis kebutuhan, kajian literatur tentang teori APOS, kurikulum aljabar abstrak, perancangan prototipe bahan ajar dan evaluasinya. Penelitian dan pengembangan yang digunakan meliputi empat tahapan yaitu: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebarluasan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dan difokuskan pada validasi bahan ajar yang dikembangkan. Desain prototipe divalidasi oleh dua orang validator yang memiliki keahlian dalam aljabar abstrak. Validasi yang dilakukan meliputi validasi bahan ajar secara konten dan konstruk. Hasil penelitian ini adalah: menghasilkan prototipe bahan ajar aljabar abstrak yang menumbuhkan nilai karakter seperti: kedisiplinan, ketekunan, kepercayaan diri,tanggung jawab, dan kejujuran. Teori apos diintegrasikan dalam bahan ajar dan diimplementasikan melalui proses pembelajaran yang berbasis keaktifan, proses,tujuan dan skema dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa. Kata kunci:karakter mahasiswa, teori APOS, aljabar abstrak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | dosen upgris semarang |
Date Deposited: | 18 Jul 2018 02:09 |
Last Modified: | 18 Jul 2018 02:09 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/429 |
Actions (login required)
View Item |