Sa’diyah, Chalimatus and Damayani, Aries Tika and Asri Untari, Meifita KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. In: KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR.
Text
jurnal edusentris.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas V tema Organ Tubuh Manusis dan Hewan di SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang. metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian true experimental dengan bentuk pretest-posttest control group desain. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas v SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang yang terdiri dari 4 kelas. sampel penelitian ini ditetapkan 2 kelas dengan 60 siswa yang ditentukan dengan teknik sampling purposive. pretest dalam desain ini digunakan untuk menyetarakan kelompok sampel dengan menganalisis skor siswa kelas v melalui instrumen soal pretest berupa pilihan ganda. data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan uji t diperoleh hasil uji thitung sebesar 1,789 dan koefisien tersebut signifikansi pada taraf 5% dk= 60 maka diperoleh ttabel sebesar 1,67 sehingga thitung > ttabel. Maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Peningkatan rata-rata hasil belajar dari hasil postest kelas kontrol sebesar 84,9 dengan nilai gain sebesar 0,29 (law-gain). Dari hasil posttest kelas eksperimen sebesar 87,73 dengan nilai gain sebesar 0,40 (medium-gain). Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulksn bahwa model PBL efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Pembelajaran di SD, Hasil Belajar
Item Type: | Conference or Workshop Item (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Rilian Afta Marsti |
Date Deposited: | 12 Jul 2018 06:51 |
Last Modified: | 12 Jul 2018 06:51 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/425 |
Actions (login required)
View Item |