Efektivitas Pembelajaran Paperless Berbasis Konstruktivis Pada Mata Kuliah Kalkulus Kelas PGBI IKIP PGRI Semarang

Kusumaningsih, Widya and Supandi, Supandi and ariyanto, lilik (2012) Efektivitas Pembelajaran Paperless Berbasis Konstruktivis Pada Mata Kuliah Kalkulus Kelas PGBI IKIP PGRI Semarang. In: SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA VI, 13 OKTOBER 2012, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. (In Press)

[img] Text
Cover.pdf

Download (784kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, (1) Hasil belajar pembelajaran paperless berbasis konstruktivis pada matakuliah Kalkulus kelas PGBI MIPA IKIP PGRI Semarang tuntas. (2) Hasil belajar pembelajaran paperless berbasis konstruktivis pada matakuliah Kalkulus kelas PGBI MIPA IKIP PGRI Semarang lebih baik. (3) Ada pengaruh aktifitas terhadap hasil belajar pembelajaran Paperless berbasis konstruktivis pada matakuliah Kalkulus kelas PGBI MIPA IKIP PGRI Semarang.Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen. Dengan teknik random sampling dipilih dua kelas, yaitu kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VII-I sebagai kelas eksperimen. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) hasil belajar siswa, diperoleh dengan tes; (2) aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi. Hasil uji coba lapangan menunjukkan pembelajaran kelas eksperimen mencapai efektif meliputi, (1) pembelajaran tuntas dengan hasil Z = -1 secara individu maupun klaksikal dengan one sample tes nilai sig (2-tailed) adalah 0,000, (2) kreativitas berpengaruh terhadap hasil belajar dilihat dari nilai R square pada tabel Model Summary didapat 0,540 = 54%., dan (3) terjadi perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas control dengan nilai sig pada tabel Indipendent Samples Test sebesar 0,048 = 4,8 %.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 02 Jul 2018 07:48
Last Modified: 02 Jul 2018 07:48
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/411

Actions (login required)

View Item View Item