LAPORAN PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT (PKM)

Purnamasari, Iin and Khasanah, Ismatul and Setianingsih, Eka Sari and Widyaningrum, Ari LAPORAN PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT (PKM). Universitas PGRI Semarang.

[img] Text
LAPORAN PKM 2018 Iin Purnamasari.pdf

Download (4MB)

Abstract

PKM PCA Aisyiyah Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung Oleh: Iin Purnamasari, Eka Sari Setianingsih, Ismatul Khasanah, Ari Widyaningrum Pendidikan tidak dapat terlepas dari kehidupan manusia, pendidikan akan terus melekat dalam diri manusia sepanjang hayatnya (life long education). Dalam dunia pendidikan, manusia memegang peranan yang penting baik sebagai subjek maupun sebagai objek dari pendidikan. Pendidikan diharapkan mampu melahirkan generasi yang handal dan tangguh dalam menghadapi tantangan dan persoalan yang semakin kompleks di masa depan. Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat akan mampu memfasilitasi kegiatan belajar peserta didik. Strategi pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan pendekatan pembelajaran baru yang menuntut keaktifan guru dan peserta didik atau menuntut peserta didik untuk menemukan sendiri kandungan materi pelajaran dan pengalaman. CTL adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang di ajarkan dengan dunia nyata peserta didik dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang di milikinya dengan penerapannya dalam kehidupannya seharihari. Belajar akan lebih bermakna jika peserta didik akan mengalami sendiri apa yang dipelajarinya, bukan menghafalnya. Pembelajaran yang berorientasi pada target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi mengingat jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan jangka panjang. Tak sedikit permasalahan yang ditemukan di lapangan mengenai pembelajaran, diantaranya adalah minimnya pemahaman guru PAUD dan TK tentang Strategi pembelajaran kontekstual dan minimnya pemahaman guru PAUD dan TK tentang implementasi pembelajaran kontekstual dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Sehingga solusi yang ditawarkan kepada mitra adalah Sosialisasi mengenai pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pendampingan Implemetasi pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Berdasarkan penilaian mitra terhadap pelaksanaan kegiatan, dapat diketahui bahwa pada aspek kesesuaian program dengan kebutuhan mitra di PC Aisyiyah Kranggan terkait pembelajaran di PAUD menunjukkan 90% sesuai dengan program dan kebutuhan mitra yaitu guru PAUD di bawah naungan PC Aisyiyah Kecamatan Kranggan. Sedangkan pada aspek pelaksanaan program mencapai 92%, hal tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan program kegiatan berhasil dengan baik. Selanjutnya pada aspek penyampaian materi pelatihan pembelajaran CTL bagi Guru PAUD mencapai penilaian 90%, sedangkan pada aspek pendampingan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan penentuan Puncak Tema pada setiap Tema Pembelajaran sebesar 90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pelaksanaan kegiatan PKM masuk dalam kriteria sangat baik.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Paud
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 28 May 2018 06:51
Last Modified: 28 May 2018 06:51
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item View Item