Persepsi Guru Biologi Terhadap Computational Thinking Pada Sekolah Menengah Atas Se Kecamatan Kayen

Fenti Kumala Sari, Fenti and Fenny Roshayanti, Fenny and Reni Rakhmawati, Rahma and Muhammad Syaipul Hayat, Syaipul (2022) Persepsi Guru Biologi Terhadap Computational Thinking Pada Sekolah Menengah Atas Se Kecamatan Kayen. Jurnal Biogenesis, 18 (1). pp. 68-84. ISSN 2776-1924

[img] Text
Turnitin_Rahma_Persepsi Guru Biologi Terhadap Computational Thinking pada Sekolah Menengah Atas Se Kecamatan Kayen.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berpikir komputasi adalah rangkaian proses yang dilakukan secara kreatif dalam menerapkan penyelesaian masalah yang meliputi ide, tantangan, dan peluang yang ditemui guna mengembangkan solusi yang dipilih. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru biologi terhadap pelaksanaan pembelajaran berbasis computational thinking di Sekolah Menengah Atas se Kecamatan Kayen yang terdiri dari SMA Negeri 1 Kayen, SMA PGRI 2 Kayen, SMA Muhammadiyah 3 Kayen, SMA Joyokusumo Kayen, dan SMA Rifaiyah Kayen. Manfaat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru biologi terhadap pelaksanaan pembelajaran berbasis computational thinking di Sekolah Menengah Atas se Kecamatan Kayen. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi yang bertugas di Sekolah Menenengah Atas di Kecamatan Kayen yang berjumlah 10 guru. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan membagikan angket kepada seluruh guru biologi yang berada di Sekolah Menengah Atas se Kecamatan Kayen. Teknik analisis data untuk mencari nilai hitung atau statistik untuk selanjutnya diinterpretasikan untuk pengambilan keputusan penelitian dengan menggunakan SPSS versi 20 for windows. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh persentase persepsi guru biologi terhadap computational thinking berjumlah 51,9% dengan jumlah responden 7 orang dengan kategori cukup, 46,2% dengan kategori baik dengan jumlah responden 2 orang, sedangkan 1,9% dengan kategori sangat baik dengan jumlah responden 1 orang saja. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa, persepsi guru biologi terhadap pelaksanaan pembelajaran berbasis computational thinking di Sekolah Menengah Atas se Kecamatan Kayen tergolong cukup dengan persentase yang tinggi yaitu 51,9% dengan jumlah responden sebanyak 7 orang. Kata Kunci: Pembelajaran berbasis computational thinking; persepsi guru; SMA se Kecamatan Kayen

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:29
Last Modified: 22 Aug 2024 07:34
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/3620

Actions (login required)

View Item View Item