Rasiman, Rasiman and asmarani, fitri ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF, 1 (2). pp. 195-201. ISSN P-ISSN: 2502-7638; E-ISSN: 2502-8391
Text
5. JIPMat, Vol.1, No.2 Oktober 2016$.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa Field Independent dan siswa Field Dependentsertamemberikan solusi bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara Pada metode tes, subjek penelitian sebanyak 4 orang siswa, yang terdiri atas 2 orang siswa Field Independent, dan 2 orang siswa Field Dependentdiberi 3 masalah matematkadan selanjutnya dilakukan wawancara terkait kesulitan yang dialami dalam menyelesaikan masalah matematika tersebut. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Berdasarkan analisis hasil penelitian diketahui bahwa siswa Field Independentcenderung memiliki kesulitan dalam menentukan strategi dan melakukan prosedur matematika. Sedangkan siswa Field Dependent cenderung memiliki kesulitan dalam memahami masalah, menerjemahkan masalah ke dalam model matematika, dan menentukan strategi, serta melakukan prosedur matematika.Solusi yang ditawarkan oleh peneliti untuk siswa Field Independent adalah perlu diberikan kebebasan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Sedangkan siswa Field Dependentyaitu perlu diberikan petunjuk atau bimbingan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Kata kunci : Gaya Kognitif, Kesulitan, Solusi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | dosen upgris semarang |
Date Deposited: | 13 Apr 2018 09:23 |
Last Modified: | 13 Apr 2018 09:23 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/359 |
Actions (login required)
View Item |