PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS II SD NEGERI BRAMBANG KELURAHAN SIDOREJO KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK

Nurhidayanti, Anita and Budiman, Muhammad Arief and Azizah, Mira (2023) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS II SD NEGERI BRAMBANG KELURAHAN SIDOREJO KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK. Prosiding sendika 2023, 3 (1). ISSN 978-623-8087-16-7

[img] Text
PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS II SD NEGERI BRAMBANG KELURAHAN SIDOREJO KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan kecerdasan emosional yang dinilai penting dalam membantu siswa menghadapi tantangan kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh metode bercerita terhadap kecerdasan emosional. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif, dapat diartikan sebagai jenis penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/ statistik, dengan tujuan untuk menggambarkan dan menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Data diperoleh dari siswa kelas II yang diberi perlakuan metode bercerita dalam pembelajaran. Hasil analisis mengungkapkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan kecerdasan emosional siswa. Uji Adjusted R2 menunjukkan bahwa sekitar 87.3% variasi dalam skor akhir kecerdasan emosional dapat dijelaskan oleh variabel independen dalam model. Uji-F menyatakan bahwa model secara keseluruhan memiliki dampak yang signifikan terhadap kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini mengonfirmasi bahwa metode bercerita memiliki peran yang penting dalam pembelajaran dan pengembangan kecerdasan emosional pada siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, metode bercerita, siswa kelas II, SD Negeri Brambang, eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 13 May 2024 08:17
Last Modified: 13 May 2024 08:17
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/3255

Actions (login required)

View Item View Item