Ratini, Ratini and Budiman, Muhammad Arief and Basyar, Moh Aniq K (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IV DI SDN 03 PURWOSARI. ijes, 3 (2). ISSN 3025-7646
Text
ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IV DI SDN 03 PURWOSARI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan belajar bahasa Inggris siswa kelas IV di SD Negeri 03 Purwosari dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar bahasa Inggris siswa kelas IV di SD Negeri 03 Purwosari. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini diperoleh melalui hasil instrumen observasi, wawancara, kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 4 kesulitan yang dialami siswa kelas IV di SD Negeri 03 Purwosari yang dipengaruhi 2 faktor yaitu internal dan eksternal dengan jumlah siswa 25 siswa untuk mendapatkan data. Bahwa siswa mengalami kesulitan belajar Bahasa Inggris ada 4 hal yaitu 1) membaca, 2) menulis, 3) menghafal kosakata, 4) mengartikan sebuah kata atau kalimat dalam bentuk bahasa Inggris. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa ada 2, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal 1) psikis, 2) motivasi, 3) kesehatan siswa. Faktor eksternal 1) guru, 2) kelas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan, bahasa Inggris, siswa, faktor |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | dosen upgris semarang |
Date Deposited: | 13 May 2024 08:07 |
Last Modified: | 13 May 2024 08:07 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/3254 |
Actions (login required)
View Item |