Penanaman Karakter Melalui Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari di SD Negeri Gayamsari 02 Semarang

Untari, Mei, Fita and Sundari, Riris, Setyo and Arisyanto, Prasena Penanaman Karakter Melalui Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari di SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Universitas PGRI Semarang, Semarang.

[img] Text
scan laporan penelitian.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran tari di sekolah bukan hanya dimanfaatkan mengikuti lomba atau untuk pementasan jika sekolah mengadakan suatu acara. Seni tari memiliki nilai-nilai dan karakter yang dapat ditanamkan kepada siswa melalui pembelajaran. Menggunakan seni sebagai media pendidikan karakter merupakan salah satu tujuan pendidikan seni di sekolah. Melalui pendidikan seni, berbagai kemampuan dasar manusia seperti fisik, perseptual, pikir, emosional, kreativitas, sosial, dan estetika dapat dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran dan penanaman karakter kepada siswa melalui pembelajaran seni tari di SD N Gayamsari 02. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tari di sekolah mampu untuk mengembangkan bakat dan minat anak dalam bidang tari. Melalui tari siswa juga diajarkan untuk mengenal dan memahami hubungan antar anggota tubuhnya. Tari juga dapat dijadikan media pembentukan karakter melalui materi tari yang dipelajari dan proses pembelajaran yang dilaksanakan. Siswa dilatih untuk dapat menghargai orang lain, mampu bekerjasama, peduli, santun, disiplin, dan mencintai budayanya sendiri melalui pembelajaran tari. Ketrampilan menari dalam hal ini bukanlah tujuan utama pembelajaran tari. Pengembangan karakter, emosi, kecerdasan sosial anak menjadi tujuan utama. Ketrampilan seni adalah efek ikutan dari pendidikan seni. Kata kunci: Pembelajaran Tari, Pendidikan Karakter.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Zulfikar Husain Zule
Date Deposited: 28 Feb 2018 00:30
Last Modified: 28 Feb 2018 00:30
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item