PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI MAHASISWA UPGRIS MELALUI PENERAPAN MODEL ARGUMENTATIVE ASSESSMENT BY SCAFFOLDING STANDPOINT AND CODING (AASSC)

Roshayanti, Fenny and Suneki, Sri and Wahyuni, Sri and Hayat, M. Syaipul (2017) PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI MAHASISWA UPGRIS MELALUI PENERAPAN MODEL ARGUMENTATIVE ASSESSMENT BY SCAFFOLDING STANDPOINT AND CODING (AASSC). Universitas PGRI Semarang.

[img] Text
LAPORAN PUPT P2H 2016 (FINAL) ok2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian multi tahun ini difokuskan untuk mengukur keterampilan argumentasi mahasiswa UPGRIS dengan menggunakan model Assessment Argumentative by Standpoint, Scaffolding,& Coding (AASSC). 3 program studi yang dilibatkan dalam penelitian pada tahun pertama ini meliputi Prodi Pendidikan Biologi, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Prodi Pendidikan PKn. Dari masing-masing program studi ditentukan matakuliah yang bersesuaian dengan argumentasiModel AASSC dituangkan dalam bentuk lembar observasi argumentasi kelompok (LOAKp), lembar observasi argumentasi kelas (LOAKl). Wacana argumentasi dianalisis dengan menggunakan TAP (Toulmin Argumentation Pattern) yang terdiri atas komponen claim, warrant, backing dan rebuttal. Keterampilan berargumen diukur secara kualitatif dan kuantitatif pada aspek pola wacana argumentasi kelompok (PWArKp), partisipasi individu (partIndv) dan jumlah wacana (jml wcn). Model instrumen AASSC tersebut diimplementasikan melalui scaffolding (tahap inisiasi, tahap pengembangan, dan tahap penguatan) dengan strategi asesmen dan standpoint tertentu serta dianalisis dengan menggunakan coding system. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan argumentasi mahasiswa UPGRIS cukup bervariasi model AASSC. Pada umumnya semua program studi menunjukkan perkembangan mulai tahapan inisiasi, pengembangan hingga tahapan penguatan. Kualitas argumentasi berdasarkan bukti pembenaran mahasiswa Progam studi PKn dan Pend. Biologi mengalami peningkatan dengan kemampuan berargumentasi yang didukung warrant dan backing, sedangkan kemampuan mengembangkan warrant dan backing mahasiswa Progam studi Pend. Bahasa Inggris masih perlu upaya untuk dtingkatkan lagi karena mahasiswa cenderung hanya membaca sumber literatur sebagai warrant dan backing nya. Pola wacana argumentasi kelas (PWArKl) berkembang pada seluruh standpoint yang diajukan dan termasuk pada level 4 dan level 5. Beberapa standpoint mendapat respon yang baik dari mahasiswa sehingga wacana argumentasi dapat berkembang dan menghasilkan wacana argumentasi yang lebih kompleks. Kata Kunci : Asesmen argumentatif, keterampilan argumentasi

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ika Lutfi Aulianti
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:57
Last Modified: 13 Feb 2018 03:57
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item View Item