KERUGIAN BBM AKIBAT TUNDAAN DAN PANJANG ANTRIAN DI PERSIMPANGAN JALAN RAYA DENGAN REL KERETA API SEBIDANG (Studi Kasus Jalan Hasanudin Semarang)

Fina Kurnia Ananda, Fina Kurnia Ananda and Wafi Ainul Yaqin, Wafi Ainul Yaqin and Mohammad Debby Rizani, Mohammad Debby Rizani and Farida Yudaningrum, Farida Yudaningrum (2023) KERUGIAN BBM AKIBAT TUNDAAN DAN PANJANG ANTRIAN DI PERSIMPANGAN JALAN RAYA DENGAN REL KERETA API SEBIDANG (Studi Kasus Jalan Hasanudin Semarang). Jurnal Teknik Sipil Giratory UPGRIS, 4 (2). ISSN 2716-4969

[img] Text
1. Fina-Wafi_KERUGIAN BBM AKIBAT TUNDAAN DAN PANJANG ANTRIAN.pdf

Download (221kB)
Official URL: https://journal.upgris.ac.id/index.php/jtsgu/issue...

Abstract

Tingginya frekuensi lalu lintas di jalan hasanudin pada jam-jam sibuk mengakibatkan kemacetan hal ini dikarenakan tingginya mobilitas masyarakat yang lewat dan adanya kereta api yang melintas di persimpangan antara jalan raya dengan rel kereta api ataupun disebut perlintasan sebidang. Di samping itu persimpangan sebidang di jalan hasanudin sering mengalami penumpukan kendaraan akibat padatnya jadwal lalu lintas kereta api di stasiun poncol, karena persimpangan ini juga dekat dengan stasiun poncol yang memliki mobilitas sangat tinggi. Oleh sebab itu, peneliti akan melakukan identifikasi bagaimana kinerja ruas jalan hasanudin Semarang. Setelah melakukan penelitian di dapatkan bahwa untuk stop delay tertinggi terjadi pada hari Sabtu, 4 Maret 2023 dari arah jalan hasanudin – imam Bonjol dengan durasi rata-rata stop delay 372,00 detik dan panjang antrian kendaraan tertinggi terjadi pada hari pada hari Senin, 27 februari 2023 dari arah jalan hasanudin – imam bonjol pada jam penutupan 16.45 dengan panjang antrian 123 meter. Maka hasil dari terjadinya panjang antrian menyebabkan para pengendara mengalami kerugian bahan bakar, total kerugian bahan bakar sendiri selama 3 hari penelitian yaitu Rp 886.550,7. Dari hasil analisa penelitian maka peneliti memberikan saran dapat dilakukan penertiban terhadap pedagang kaki lima dan orang-orang di sekitaran rel kereta api dan palang pintu kereta api yang mengakibatkan terjadinya hambatan samping yang mengakibatkan panjang antrian pada saat stop delay, pemasangan rambu-rambu lalu lintas seperti tanda dilarang berhenti, tanda dilarang parkir, dan tanda dilarang menaikkan dan menurunkan penumpang pada ruas jalan agar tidak terjadi kemacetan di sepanjang jalan hasanudin dan sekitar perlintasan kereta api.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 12 Jan 2024 17:44
Last Modified: 12 Jan 2024 18:55
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/2839

Actions (login required)

View Item View Item