EFFECTIVE MARKETING STRATEGIES FOR MSMEs DURING RAMADAN IN INDONESIA

sutrisno, sutrisno EFFECTIVE MARKETING STRATEGIES FOR MSMEs DURING RAMADAN IN INDONESIA. Community Development Journal. ISSN 2721-5008

[img] Text
2103780215 - Turnitin, Hasil 13792-Article_Text-41822-1-10-20230409.pdf

Download (125kB)

Abstract

Bulan Ramadhan merupakan momen penting bagi masyarakat Muslim di Indonesia yang ditandai dengan puasa selama sebulan penuh. Selain memiliki nilai keagamaan yang tinggi, Bulan Ramadhan juga menjadi momen yang dinantikan untuk berbelanja dan berbisnis bagi UMKM. Di Indonesia, UMKM menjadi salah satu sektor yang cukup besar dan memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian. Namun, UMKM masih mengalami banyak kendala dalam memasarkan produknya, terutama selama Bulan Ramadhan. Oleh karena itu, diperlukan penelitian mengenai strategi pemasaran yang efektif untuk UMKM selama Bulan Ramadhan di Indonesia. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi menyimak dan mencatat informasi penting untuk melakukan analisis data melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil studi ini menyimpulkan bahwa dalam mempersiapkan strategi pemasaran yang efektif, UMKM harus mempertimbangkan kehadiran online, penawaran khusus, event atau lomba, peningkatan kualitas produk dan layanan, kerjasama dengan bisnis lain, memperhatikan kebutuhan pelanggan, dan produk halal. UMKM juga harus memantau kinerja kampanye pemasaran mereka, mempertimbangkan etika dalam pemasaran, dan melakukan penelitian dan analisis yang cukup sebelum merancang strategi mereka.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 25 Dec 2023 05:53
Last Modified: 25 Dec 2023 05:53
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/2772

Actions (login required)

View Item View Item