sutrisno, sutrisno EFFECTIVE MARKETING STRATEGIES FOR MSMEs DURING RAMADAN IN INDONESIA. Community Development Journal. ISSN 2721-5008
Text
2103780215 - Turnitin, Hasil 13792-Article_Text-41822-1-10-20230409.pdf Download (125kB) |
Abstract
Bulan Ramadhan merupakan momen penting bagi masyarakat Muslim di Indonesia yang ditandai dengan puasa selama sebulan penuh. Selain memiliki nilai keagamaan yang tinggi, Bulan Ramadhan juga menjadi momen yang dinantikan untuk berbelanja dan berbisnis bagi UMKM. Di Indonesia, UMKM menjadi salah satu sektor yang cukup besar dan memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian. Namun, UMKM masih mengalami banyak kendala dalam memasarkan produknya, terutama selama Bulan Ramadhan. Oleh karena itu, diperlukan penelitian mengenai strategi pemasaran yang efektif untuk UMKM selama Bulan Ramadhan di Indonesia. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi menyimak dan mencatat informasi penting untuk melakukan analisis data melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil studi ini menyimpulkan bahwa dalam mempersiapkan strategi pemasaran yang efektif, UMKM harus mempertimbangkan kehadiran online, penawaran khusus, event atau lomba, peningkatan kualitas produk dan layanan, kerjasama dengan bisnis lain, memperhatikan kebutuhan pelanggan, dan produk halal. UMKM juga harus memantau kinerja kampanye pemasaran mereka, mempertimbangkan etika dalam pemasaran, dan melakukan penelitian dan analisis yang cukup sebelum merancang strategi mereka.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | dosen upgris semarang |
Date Deposited: | 25 Dec 2023 05:53 |
Last Modified: | 25 Dec 2023 05:53 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/2772 |
Actions (login required)
View Item |