PENDIDIKAN KELUARGA DALAM ISLAM DAN HOMESCHOOLING

Ellya, Rakhmawati and Rahmat Sudrajat, Universitas PGRI Semarang (2018) PENDIDIKAN KELUARGA DALAM ISLAM DAN HOMESCHOOLING. SENDIKA [Seminar Nasional Pendidikan] 2018. pp. 798-810. ISSN 978-602-5784-15-6

[img] Text
PENDIDIKAN KELUARGA DALAM ISLAM DAN HOMESCHOOLING.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://prosiding.upgris.ac.id/index.php/sendika20...

Abstract

Manusia membutuhkan pendidikan agar memperoleh suatu pengalaman, pengetahuan, kecakapan dan keterampilan. Pendidikan utama dan pertama untuk anak ialah keluarga. Pendidikan formal atau pendidikan non–formal sebagai penunjang dalam perkembangan kognitif, psikomotorik, dan afektif. Pendidikan keluarga dalam Islam ialah pendidikan yang didasarkan pada tuntunan agama Islam yang diterapkan dalam keluarga dengan maksud untuk membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Orangtua saat ini kurang mempercayai pendidikan secara formal, sehingga orangtua memilih alternatif pendidikan melalui homeschooling. Homeschooling ialah sebuah kegiatan belajar yang dilakukan di rumah dengan sistem yang terprogram yang diakui sama dengan pendidikan formal. Faktor yang mempengaruhi beralihnya siswa ke homeschooling yakni kekhawatiran orangtua terhadap anak dari lingkungan luar yang negatif dan adanya ketidakpuasan orangtua terhadap sistem sekolah formal. Homeschooling berdasarkan perspektif Pendidikan Islam memiliki dasar dalam AlQur’an, telah dilakukan oleh para penyebar agama Islam yang telah mendidik masyarakat Islam dengan nilai-nilai Al-Qur’an di Masjid.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 26 Sep 2023 01:35
Last Modified: 26 Sep 2023 01:35
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/2370

Actions (login required)

View Item View Item