Yusuf Setia Wardana, wardana (2029) IMPLEMENTASI MODEL RME DENGAN MEDIA PIZZA PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA. Malih Peddas, 9 (1). ISSN 2580-6513
Text
IMPLEMENTASI MODEL RME DENGAN MEDIA PIZZA PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA.pdf Download (2MB) |
|
Text
IMPLEMENTASI MODEL RME DENGAN MEDIA PIZZA PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya pengunaan media yang digunakan oleh guru dan inovasi pembelajaranya yang kurang sehingga hasil belajar matematika siswa rendah, hanya 37,04 % siswa yang lolos KKM. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre Experimental Design dengan desain one Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Donosari Kendal. Sampel yang diambil adalah 27 siswa kelas IV dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi dan observasi. Hasil analisis observasi siswa menunjukkan bahwa presentase ketuntasan belajar klasikal posttest (77,78%) lebih presentase ketuntasan belajar klasikal pretest (40,74%), serta berdasarkan hasil uji t hasil belajar diketahui thitung lebih dari ttabel(3,43>1,624) dan berdasarkan hasil uji t keaktifan diketahui thitung lebih dari ttabel(3,47844>1,624). Kesimpulannya bahwa model Model Realistic Mathematic Education (RME) berbantu media pizza pecahan efektif terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model Model Realistic Mathematic Education (RME) berbantu media pizza pecahan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar khususnya pada materi pecahan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | dosen upgris semarang |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 06:53 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 06:53 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/2326 |
Actions (login required)
View Item |