IDENTITY-AGENCY GURU BAHASA INGGRIS DI TEGAL INDONESIA

Aini, Siti Nur (2020) IDENTITY-AGENCY GURU BAHASA INGGRIS DI TEGAL INDONESIA. In: BUKU PUTIH DIKTIERS: KUMPULAN PEMIKIRAN DAN HASIL RISET ALUMNI KARYASISWA BEASISWA PENDIDIKAN PASCASARJANA LUAR NEGERI (BPPLN) DIKTI. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, pp. 545-556. ISBN 978-602-9290-29-5

[img] Text (Dari penerbit tidak ada versi online hanya cetak saja)
Artikel dari buku putih dikti.pdf - Published Version

Download (695kB)

Abstract

Penelitian ini membahas perjalanan peserta dalam membentuk identitas profesionalnya berdasarkan narasi yang disampaikan dan dikemas dalam kerangka identity-agency yang mencerminkan kemampuan membuat keputusan dalam perjalanan mereka menjadi guru bahasa Inggris. Pendekatan dialogis mendalami bagaimana tiga orang guru di SMA Ladang di Tegal menggunakan identity-agency berkaitan dengan lingkungan, nilai hidup, orang yang berpengaruh dalam kehidupan mereka, cara membentuk dan mengarahkan tujuan untuk mencapai identitas profesional. Pertanyaan penelitian yaitu: 1) Bagaimana identity-agency membantu peserta mengembangkan identitas professional? 2) Pengalaman apa yang berkontribusi bagi pembentukan identitas profesional? Penelitian kualitatif ini menggunakan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan di bulan Desember 2015 hingga Februari 2016 melalui wawancara, observasi, foto, dokumen, dan kontak email. Hasil temuan menunjukkan bahwa identity-agency merangkum cara peserta membentuk identitas berkaitan dengan agama, pengalaman belajar, regulasi, konteks sosial, dan tindakan dalam membuat atau membatalkan keputusan. Peserta menyatakan mereka tidak berencana untuk menjadi guru, namun perjalanan hidup membawa kepada profesi tersebut. Penelitian ini menekankan bahwa memperhatikan aspek pribadi guru memberikan kesempatan guru untuk mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Pengalaman adalah alat yang berguna untuk memahami guru memandang persoalan pendidikan mereka sendiri, pendidikan pada umumnya, dan pendidikan di Indonesia.

Item Type: Book Section
Additional Information: Publikasi book chapter ini hanya tersedia dalam format cetak. Semua kotributor mendapatkan file PDF yang merupakan hasil scan dari versi cetak buku tersebut.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 23 Aug 2023 09:51
Last Modified: 23 Aug 2023 09:51
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/2264

Actions (login required)

View Item View Item