PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK BERBASIS ANIMASI INTERAKTIF BERMUATAN KONTEKS SOSIAL DI SMA

Asiringsari, Ambarini and Nayla, Azzah and Ginting, Rosalina BR (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK BERBASIS ANIMASI INTERAKTIF BERMUATAN KONTEKS SOSIAL DI SMA. Universitas PGRI Semarang.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PRODUK TERAPAN BU AMBAR HIBER DIKTI 2017-.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Selama ini pembelajaran menulis cerita pendek di Sekolah Menengah Atas kurang maksimal. Media pembelajaran yang digunakan masih sangat terbatas. Salah satu alternatif media pembelajaran yang bisa digunakan adalah dengan mengembangkan media pembelajaran menulis cerita pendek berbasis animasi interaktif bermuatan konteks sosial. Media ini efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut. (1) menemukan kebutuhan-kebutuhan guru dan peserta didik dalam pengembangan media pembelajaran menulis cerita pendek berbasis animasi interaktif bermuatan konteks sosial, (2) menghasilkan susunan draf awal/prototipe pengembangan media pembelajaran menulis cerita pendek berbasis animasi interaktif bermuatan konteks sosial, (3) merumuskan tanggapan stakeholder/pengguna produk terhadap draf awal/prototipe pengembangan pembelajaran menulis cerita pendek berbasis animasi interaktif bermuatan konteks sosial yang dihasilkan, (4) menghasilkan draf awal/prototipe media pembelajaran menulis cerita pendek berbasis animasi interaktif bermuatan konteks sosial yang dikembangkan, dan (5) menemukan tingkat/kadar keefektifan media pembelajaran menulis cerita pendek berbasis animasi interaktif bermuatan konteks sosial hasil pengembangan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menghasilkan produk pengembangan dan mendeskripsikan hasil. Penelitian pengembangan ini akan dilakukan melalui 3 tahap, yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan produk, dan tahap pengujian produk. Produk akhir penelitian ini adalah ditemukannya keefektifan pembelajaran menulis cerita pendek berbasis animasi interaktif bermuatan konteks sosial hasil pengembangan. Media ini berisi petunjuk untuk membantu dalam menulis cerpen. Media pengembangan tersebut ditujukan untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran menulis cerpen. Hasil penelitian pengembangan di atas selanjutnya akan didesiminasikan melalui jurnal ilmiah dan web-web yang dirancang khusus untuk penyebarluasan produk (masuk ke dalam tahap keempat, yaitu diseminasi). Kata kunci: menulis cerita pendek, animasi interaktif, konteks sosial.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Usis Prasetyo Aryanabih
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:28
Last Modified: 09 Feb 2018 07:28
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item