8. TRANSFORMASI SOCIAL SCIENCES PADA KURIKULUM NASIONAL (Studi Historis Mapel IPS Jenjang SD, SMP, dan SMA)

Rahmat Sudrajat, Universitas PGRI Semarang and Dyah Kumalasari, Universitas Negeri Yogyakarta (2023) 8. TRANSFORMASI SOCIAL SCIENCES PADA KURIKULUM NASIONAL (Studi Historis Mapel IPS Jenjang SD, SMP, dan SMA). Civis, 12 (2). pp. 71-86. ISSN 2087-8478

[img] Text
TRANSFORMASI SOCIAL SCIENCES PADA KURIKULUM NASIONAL (Studi Historis Mapel IPS Jenjang SD, SMP, dan SMA).pdf

Download (512kB)
Official URL: https://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/artic...

Abstract

Perkembangan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam kurikulum nasional telah mengalami transformasi yang signifikan seiring berjalannya waktu. Pada awalnya, pengajaran IPS lebih didasarkan pada pendekatan tradisional yang berfokus pada hafalan fakta-fakta sejarah dan geografi. Namun, dengan perkembangan pendekatan pendidikan yang lebih progresif, IPS mengalami perubahan yang mencakup pendekatan interdisipliner, penggunaan teknologi informasi, pengajaran kontekstual, dan pemberdayaan keterampilan siswa. Perubahan dalam pengajaran IPS mencerminkan evolusi pandangan tentang ilmu sosial dan tujuan pendidikan. Sehingga, mata pelajaran ini tidak lagi hanya memfokuskan pada pengetahuan faktual semata, akan tetapi juga memperkenalkan prinsip-prinsip sosial, ekonomi, dan politik yang mendasari fenomena sosial. IPS bertujuan untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang kompleksitas masyarakat dan membekali siswa dengan keterampilan berpikir kritis yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam masyarakat modern. Perkembangan IPS juga mencerminkan perubahan dalam isu-isu yang ditekankan dalam pembelajaran. Kurikulum nasional yang lebih baru memberikan perhatian lebih pada isu-isu global seperti perubahan iklim, perdagangan internasional, dan hak asasi manusia. IPS mengajarkan siswa tentang dampak sosial dan lingkungan dari kebijakan dan fenomena sosial, serta mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam perubahan sosial yang positif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menjelaskan bagaimana transformasi dari masa ke masa Ilmu pengetahuan sosial dalam kurikulum nasional. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini merupakan sejarah perkembangan Ilmu pengetahuan sosial.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:15
Last Modified: 07 Aug 2023 03:15
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/2220

Actions (login required)

View Item View Item