Kristanto, - and Suharno, Agus and Handayani, Arri and Munawar, Muniroh IbM PERUBAHAN MINDSET KADER POS PAUD SEKAR MELATI JAYA TENTANG PENGENALAN CALISTUNG DI PAUD MENUJU PEMBELAJARAN BERORIENTASI BERMAIN. Upgris.
|
Text
IbM PERUBAHAN MINDSET KADER POS PAUD SEKAR MELATI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Adanya kenyataan dilapangan bahwa tidak hanya di TK saja diajarkan calistung bahkan di Kelompok Bermain (KB) dan Pos PAUD sudah mulai terkontaminasi mengenalkan calistung sejak dini dengan alasan tuntutan orangtua. Banyak orangtua yang resah jika anaknya belum bisa menguasai konsep calistung saat memasuki SD. Oleh karena itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan agar kader Pos Paud di RW XX Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang Kota Semarang memahami: (1) Pentingnya bermain sebagai stimulasi holistik anak usia dini; (2) 3 (tiga) jenis main sebagai bentuk pembelajaran berorientasi bermain di PAUD. Kegiatan IbM ini menggunakan metode penyuluhan dan pelatihan. Penyuluhan yang diberikan adalah tentang: (1) teknis penyelenggaraan pos paud, (2) standar kurikulum SD kelas 1. Sedangkan pelatihan yang diberikan berupa praktek tiga jenis main di PAUD, yaitu; main sensorimotor, main peran dan main pembangunan. Pendampingan juga diberikan sebagai aplikasi dari pelatihan praktek bermain di Pos PAUD. Hasil pelaksanaan kegiatan IbM ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan pembelajaran berorientasi bermain yang mengenalkan kepada para kader Pos PAUD tentang jenis-jenis bermain yang bermutu di PAUD sangat bermanfaat dalam memberikan gambaran dan membekali kader pada saat membuka layanan Pos PAUD Sekar Melati Jaya RW XX kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Kata Kunci: Mindset, Calistung, Bermain
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Zulfikar Husain Zule |
Date Deposited: | 23 Jan 2018 04:43 |
Last Modified: | 23 Jan 2018 04:43 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/211 |
Actions (login required)
View Item |